14
Mar

Bupati Labuhanbatu Hadiri Acara Forum Group Diskusi (FGD)

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si disaksikan para Komisioner KPU sedang menyampaikan pidato pengarahannya pada acara Forum Group Diskusi (FGD) di Hotel Platinum Rantauprapat.

FGDRANTAUPRAPAT, ML : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Senin (14/3) di Hotel Platinum Rantauprapat menghadiri acara Forum Group Diskusi (FGD) tentang Partisipasi pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Labuhanbatu sebagai bahan evaluasi penyelenggaraan pemilu atau pilkada yang telah berlalu.

            Dalam pidatonya Pangonal Harahap mengatakan, hari ini merupakan pertemuan perdana dengan penyelenggara Pemilu sejak dilantiknya 17 Pebruari 2016 tentunya kami sebagai Bupati Labuhanbatu (Pemerintah Daerah) mengucapkan terima kasih pada seluruh penyelenggara Pemilu mulai dari tingkat KPU, PPK, PPS, KPPS dan PPDP yang telah menyelenggarakan Pilkada dengan baik dan termasuk kategori Pilkada teraman se sumatera utara, sehingga tidak ditemukan riak-riak maupun gejolak yang dapat mengganggu tahapan selama proses Pilkada di kalangan masyarakat.

            Lanjutnya, sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua KPU Labuhanbatu bahwasanya kita telah melaksanakan pemilu maupun pilkada beberapa kali sejak tahun 2004 sampai dengan 2015 antara lain, pemilu legislative 2014, pilpres 2014 dan pilkada 2015. Terjadi penurunan angka tingkat partisipasi pemilih antara lain pada pemilu legislative tahun 2014 partisipasi pemilih 74,94 %, pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden partisipasi pemilih 65,33 %, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati partisipasi pemilih 63,49 %.

            Angka ini kata Pangonal, menghawatirkan bagi kita sebagai aparatur pemerintahan maupun penyelenggara pemilu, kiranya dalam acara FGD ini kita dapat mengevaluasi serta menemukan solusi perbaikan penyelenggara pemilu.

            Menurut Pangonal, kita perlu mengkaji sejauh mana tingkat keinginan masyarakat sebagai pemilih agar tidak terjadi rasa kejenuhan dikalangan masyarakat, sebagaimana kita ketahui masyarakat Labuhanbatu ini sangat heterogen baik dari segi geografis maupun sosial, budaya dan pendidikan, kita mengenal daerah perkotaan, perkebunan dan daerah pantai tentu tipikal, masyarakatnya sangat berbeda, pandangan politiknya juga berbeda, sebutnya.

            Akhirnya Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si berharap kepada seluruh peserta FGD dalam momen yang sangat berharga ini dapat mengevaluasi factor-faktor apa sajakah yang melatar belakangi terjadinya penurunan penggunaan hak pilih masyarakat serta dapat menemukan solusi yang nantinya akan menjadi rekomendasi kepada KPU, DPR dan Pemerintah. Rekomendasi ini kita harapkan akan menjadi bahan acuan dalam menyusun regulasi maupun peraturan KPU di Pemilu-Pemilu yang akan datang sehingga pada pelaksanaan pemilu ke depan akan lebih meningkat llagi partisipasi pengguna hak pilih.

           

Ketua KPU Labuhanbatu Hj. Ira Wirtati, S.Ag, M.Pd menjelaskan, bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Pilkada, Pileg, Pemilu sebelumnya yang secara terus menerus mengalami penurunan persentasi pemilihnya serta mencari solusi agar masyarakat pemilih bertambah banyak, jangan malah turun, sebutnya singkat.

            Dalam acara Forum Group Diskusi yang diselenggarakan KPU Labuhanbatu ini dihadiri para perwakilan partai, panwas, akademisi, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Labuhanbatu, HMI dan PPK se Kabupaten Labuhanbatu.

Arsip Berita

Powered by mod LCA