26
Sep

Gerakan PKK Untuk Membangun Masyarakat Melalui Keluarga

Teks Foto : Kaban PMD/K Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos atasnama Bupati Labuhanbatu ketika membuka kegiatan Pelatihan Tertib Administrasi PKK Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016 di Aula BKD.

Pelatihan Tertib Adm PKKRANTAUPRAPAT, ML : Gerakan PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) merupakan gerakan nasional untuk membangun masyarakat melalui keluarga-keluarga yang dikelola oleh Pengurus Tim Penggerak PKK disemua tingkatan pemerintah dan merupakan mitra kerja pemerintah daerah, oleh karena itulah atas kebijakan pemerintah Kabupaten Labuhaanbatu mengalokasikan pelaaksanaan kegiatan pelatihan tertib administrasi PKK ini karena dipandang perlu untuk membekali para Pengurus Tim Penggerak PKK, guna mampu mengelola kelembagaannya, yaitu membangun persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan gerakan PKK untuk mengantisipasi penyesuaian baik terhadap perkembangan kebijakan pemerintah maupun kebijakan PKK.

Demikian antara lain dikatakan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Kaban PMD/K Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos, Senin (26/9) pada acara Pembukaan Pelatihan ertib Administrasi PKK bagi Pengurus Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten Tahun 2016 di Aula BKD Labuhanbatu.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, bahwa prinsip keterbukaan, saling belajar mengajar dan saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing merupakan salah satu prinsip dasar paradigm baru Tim Penggerak PKK, termasuk juga solidaritas kegotong royongan dan kesetiakawanan, dengan demikian melalui pelatihan ini juga saya berharap selain menambah ilmu, juga dimanfaatkan untuk saling tukar informasi dan pengalaman dalam rangka pengembangan gerakan PKK.

Disisi lain Bupati mengatakan, apabila proses dan siklus manajemen program PKK dapat berlangsung seperti dimaksudkan tadi, maka saya selaku Ketua Pembina PKK akan memberikan dukungan dan fasilitas terhadap program-program Tim Penggerak PKK, sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga-keluarga menuju masyarakat maju dan sejahtera.

Akhirnya kepada peserta Bupati Labuhanbatu berpesan, semoga hal-hal yang didapat dalam pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi keluarga dan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, secara internal mampu mendorong peningkatan kinerja kelembagaan gerakan PKK pada masa yang akan datang.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu yang diwakili Ny. Hj. Khairani Ali Usman Harahap menyebutkan bahwa Pelatihan Tertib Administrasi PKK ini adalah merupakan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu yang bertujuan guna meningkatkan kemampuan Pengurus Tim Penggerak PKK di setiap jenjang kepengurusan, mampu mengelola dan melaksanakan tertib administrasi PKK secara baik dan benar.

Pada kesempatan itu ia mengharapkan, agar para kader Tim Penggerak PKK nantinya dapat membangun system informasi manajemen PKK (SIM PKK) yang meliputi pencatatan, pendataan, pelaporan dan pengarsipan yang dilakukan secara manual maupun menggunakan teknologi informasi (TI), sehingga operasional kelembagaan dapat berjalan dengan baik dan benar secara lancar.

         Selain itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten ini mengajak seluruh peserta dan kita semua, khususnya seluruh Tim Penggerak PKK dan jajarannya, marilah menjadi “Petugas Lillahi Ta’ala (PELITA) bagi keluarga, masyarakat dan bangsa.

Arsip Berita

Powered by mod LCA