11
Oct

Muzakarah Untuk Mengkaji Permasalahan Maupun Aktivitas Yang Terjadi Dalam Masyarakat

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu bersama Sekretaris MUI Sumut, Ketua dan Pengurus MUI Labuhanbatu serta yang mewakili Unsur Muspida, mewakili Kakankemang dan Pimpinan BSM Rantauprapat sedang diabadaikan usai acara Muzakarah.

MuzakarahRANTAUPRAPAT, ML : Muzakarah pada hari ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengkaji tentang permasalahan maupun aktivitas yang terjadi dalam masyarakat menurut pandangan hokum islam, dengan harapan segala sesuatu yang dihasilkan nanti dalam muzakarah ini semoga dapat menjadi acuan hokum bagi masyarakat dalam pelaksanaan aktivitas sehari-hari atau setidak-tidaknya dapat menambah ilmu dan wawasan bagi kita.

            Demikian antara lain dikatakan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Selasa (11/10) pada acara Muzakarah dalam rangka Tahun Baru Islam 1438 H yang dilaksanakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu di Mesjid Agung Rantauprapat.

            Lebih lanjut Pangonal Harahap mengatakan, Muzakarah ini tentunya sangat penting untuk dilaksanakan mengingat masih banyaknya berbagai macam pertanyaan dan persoalan di masyarakat terkait dengan berbagai aktivitas seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mau tidak mau mempengaruhi pola fikir dan budaya yang berkembang di masyarakat, hal ini tentunya membutuhkan acuan yang bisa dipedomani oleh masyarakat dari aspek hokum islam.

            Menurut Bupati yang juga Ketua Al Wasliyah dan Ketua IPHI Kabupaten Labuhanbatu ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan mitra Pemerintah, yang juga merupakan lembaga yang diamanhkan melakukan pembinaan terhadap ummat tentunya mempunyai posisi yang sangat penting dan strategis untuk diharapkan dapat menggali petunjuk-petunjuk universal didalam Al Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad SAW yang dapat dipedomani masyarakat, dengan demikian masyarakat mempunyai pedoman dalam melaksanakan aktivitas terutama untuk menyikapi berbagai perkembangan zaman saat ini.

            Pada kesempatan itu Pangonal Harahap mengharapkan kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, penuh semangat sehingga akan menghasilkan sesuatu kebaikan untuk masyarakat Kabupaten Labuhanbatu. Katanya mengingatkan sembari mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

            Sementara, Ketua Umum DP MUI Labuhanbatu K.H.M. Darwis Husin, Lc menyebutkan, bahwa acara ini dikaitkan dengan peringatan 10 Muharram 1438 H dengan menghadirkan Sekjen MUI Sumut untuk pembekalan kehidupan yang lebih baik.

            Sedangkan, Sekretaris DP MUI Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Ardiansyah, MA selaku Narasumber antara lain mengatakan, Tanggal 10 Muharram adalah tanggal yang penuh kemuliaan bagi ummat islam, karena hari ini sangat dimuliakan oleh Rasulullah SAW.

            Katanya, agama tidak boleh berpolitik yang boleh adalah siasat, semoga kita bisa menjadi pengamal dan pengawal ajaran islam, karena orang yang membela agama Allah tak pernah sedih dan takut, untuk itu marilah kita bersatu dan berangkulan untuk menegakkan ajaran islam, sebut Ardiansyah.

Arsip Berita

Powered by mod LCA