17
Oct

Hari Jadi Adalah Tonggak Sejarah Yang Berperan Memacu Semangat Membangun

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si disaksikan Unsur Muspida dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu saat menyerahkan nasi tumpeng kepada salah seorang pensiunan PNS Erwin Siregar, SH Mantan Inspektur Kabupaten pada acara Resepsi Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Ke-71 Tahun 2016 di Lapangan Ikabina Rantauprapat.

hari jadi pemkab labuhanbatuRANTAUPRAPAT, ML : Hari Jadi adalah tonggak sejarah yang berperan sebagai rujukan dalam memacu semangat membangun, implikasinya akan sangat besar dalam rangka mengisi pembangunan dalam skala nasional, kedudukan daerah kita yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menyelaraskan kedudukan Hari Jadi Kabupaten Labuhanbatu yang kita peringati setiap tanggal 17 Oktober telah memacu semangat nasionalisme kita guna memperkuat kecintaan kita kepada Negara dan bangsa.

Demikian hal tersebut dikatakan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Senin (17/10) dalam arahannya pada acara Peringatan Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Ke-71 Tahun 2016 yang berlangsung di Lapangan Ikabina Rantauprapat dan turut dihadiri Bupati Labura dan Wakil Bupati Labusel.

Kita menyadari usia 71 tahun bagi seluruh Kabupaten menyimpan banyak kisah dan peristiwa yang penuh dengan perjuangan, tantangan dan hambatan yang tentunya akan membuat kita semakin dewasa, peringatan hari jadi ini diharapkan dapat menjadi sarana evaluasi dan intropeksi atas langkah yang telah kita tempuh selama ini, sehingga berbagai keberhasilan yang telah dicapai dapat dipertahankan dan ditingkatkan serta berbagai kekuarangan yang ada dapat diperbaiki dan disempurnakan.

Peringatan hari ini kita jadikan sumber inspirasi untuk membangun Labuhanbatu pada masa yang akan dating, sesuai dengan tema Hari Jadi Kabupaten Labuhanbatu yang ke-71 yaitu “Dengan Semangat Hari jadi Pemerintahan Kabupaten Ke-71 Kita Jadikan Labuhanbatu Sejahtera Menuju Labuhanbatu Yang Lebih Berdaya”, kata Bupati Labuhanbatu.

Sebelum mengakhiri arahannya, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si menghimbau seluruh Aparatur Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dan komponen masyarakat untuk bersama-sama saling bahu membahu membangun Kabupaten Labuhanbatu dengan merapatkan barisan dan membangun persatuan yang kuat dalam jalinan tali persaudaraan dan rasa solidaritas yang tinggi, sehingga akan menciptakan suasan aman dan tentram guna kelancaran kelangsungan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Asisten Admnistrasi Pemerintahan Drs. H. Sarbaini selaku panitia dalam laporannya menjelaskan bahwa dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu tanggal 17 Oktober 2016 telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti Bhakti Sosial yang terdiri dari Gotong royong massal dari unsur PNS dilingkungan tempat ibadah yang berlokasi di Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan, Penanaman pohon di rumah-rumah ibadah, Pelayanan Kesehatan Gratis untuk panti jompo, Penyuluhan agama untuk pasien rawat inap di RSUD Rantauprapat, Pelayanan KB Gratis, Fogging/Pengasapan Demam Berdarah serta Pelaksanaan Donor Darah.

Selain itu kata Syarbaini, panitia juga melaksanakan penilaian Kecamatan terbaik tingkat Kabupaten Labuhanbatu, Penilaian Desa Terbaik dan Kelurahan Unggulan Tingkat Kabupaten Labuhanbatu, Pemberian penghargaan kepada kelompok tani sirahul mandiri desa selat beting dan kelompok tani toludo desa tanjung haloban serta pemberian penghargaan bagi peserta Paskibraka terpilih mewakili Sumatera Utara ke Tingkat Nasional.

Disisi lain Asisten Administrasi Pemerintahan itu juga menjelaskan bahwa dalam rangka hari jadi pemerintahan ini dilaksankan berbagai perlombaan, baik itu lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya local, juga dilaksanakan lomba kebersihan, keindahan dan keteduhan lingkungan tingkat Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan, Lomba PKK KB Kesehatan, Lomba Pos Yandu, Lomba Lingkungan bersih dan sehat. Kemudian pihak panitia juga melaksanakan kegiatan seni budaya dan hiburan serta pemberian bantuan berupa pemberian Beasiswa kepada Mahasiswa/I Berprestasi dan kurang mampu dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta pemberian tali asih kepada PNS yang Purna Tugas dan Kemalangan bagi PNS sebanyak 20 orang, jelas Drs. Syarbaini.

        Acara Resepsi Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu yang cukup meriah itu dihiasi dengan dengan pelepasan balon berhadiah dan pelepasan burung merpati serta tarian kolosal oleh ratusan pelajar serta pemotongan nasi tumpeng.

Arsip Berita

Powered by mod LCA