02
Nov

Bupati dan Pimpinan DPRD Labuhanbatu Tandatangani Persetujuan Bersama RPJMD

Teks Foto : Wakil Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT sedang menandatangani persetujuan bersama Ranperda tentang RPJMD Kabupaten Labuhanbatu menjadi Perda.

RPJMD 1RANTAUPRAPAT, ML : RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021 yang ditetapkan denga Peraturan Daerah telah melalui suatu proses yang panjang dengan menggunakan empat pendekatan yaitu melalui pendekatan Teknokratis, Pendekatan Partisipatif, Pendekatan Top Down dan Bottom Up serta pendekatan politik.

            Demikian disebutkan Bupati Labuhanbatu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, Selasa (1/11) sore dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu pada acara Laporan Panitia Khusus Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021 yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Dahlan Bukhari.

            Lebih lanjut disebutkannya, bahwa dalam pendekatan teknokratis, bahwasanya proses penyusunan RPJMD ini melalui metode dan kerangka berpikir ilmiah guna memperoleh pengetahuan secara sistematis terkait perencanaan pembangunan berdasarkan bukti fisik, data dan informasi yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan.

            Analisa ilmiah yang dilakukan antara lain terhadap perumusan kerangka ekonomi makro daerah, kerangka pendanaan dan kemampuan fiscal daerah, metode pengalokasian belanja daerah, penentuan parameter pencapaian visi dan penetapan indicator kinerja dari setiap sasaran pembangunan.

            Bupati Labuhanbatu ini juga menjelsakan, terhadap pengambilan keputusan DPRD Kabupaten Labuhanbatu yang dituangkan dalam bentuk persetujuan bersama rencana penetapan Peraturan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama Anggota Legislatif yang dengan kesabarannya bersama-sama eksekutif membahas rancangan akhir RPJMD ini sehingga dapat ditetapkan menjadi Peratiran Daerah.

Selanjutnya dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Tentang RPJMD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021, kepada seluruh SKPD agar menjabarkan dan menyusun ke dalam dokumen perencanaan strategis pada tingkat SKPD, oleh sebab itu, saya minta kepada para Kepala SKPD di Instansinya masing-masing agar benar-benar mencermati dan memperhatikan dokumen perencanaan tersebut, sehingga ke depan tidak aka nada lagi anggaran yang disusun/dibuat tanpa melalui tahapan proses perencanaan kerja baik di tingkat Pemerintah Daerah maupun Tingkat SKPD.

       Dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu tersebut dilanjutkan dengan Penandatangan persetujuan bersama Ranperda tentang RPJMD Kabupaten Labuhanbatu menjadi Perda yang ditandatangani oleh Wakil Bupati dan para Pimpinan DPRD Kabupaten Labuhanbatu disaksikan Plt. Sekdakab Ahmad Muflih, SH.

Arsip Berita

Powered by mod LCA