10
Nov

Warisan Terbaik Para Pahlawan Bukanlah “Politik Ketakutan” Melainkan “Politik Harapan”.

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si saat memberikan penghormatan pada penaikan bendera merah putih dalam upacara Hari Pahlawan 10 November di Lapangan Ikabina Rantauprapat.

Hari PahlawanRANTAUPRAPAT, ML : Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan Kesuma Bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan, peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

            Demikian antara lain disebutkan Menteri Sosial Republik Indonesia KhofifahIndar Parawangsa dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Kamis (10/11) pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang berlangsung di Lapangan Ikabina Rantauprapat.

            Menurutnya, peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para Pahlawan Bangsa bukanlah “Politik Ketakutan” melainkan “Politik Harapan”, bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

            Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental, karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

            Mensos juga mengatakan, Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya bukan abunya, dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealism dengan mengutamakan kepntingan umum diatas kepentingan pribadi.

            Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan, semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun bangsa, kata Mensos dalam pidato tertulisnya.

            Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November yang dihadiri Wakil Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, Unsur Muspida, Kepala SKPD, Ormas, OKP dan Ketua Tim Penggerak PKk Kabupaten Labuhanbatu ini dilanjutkan dengan kegaiatan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Rantauprapat dengan inspektur Upacara Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol Inf. Berkim Sitompul.

Arsip Berita

Powered by mod LCA