17
Nov

Sekdakab Labuhanbatu Serahkan Bibit Bunga Kepada Lurah dan Kepala Sekolah

Teks Foto : Sekdakab Labuhanbatu Ir. H Muhammad Yusuf Siagian, M.MA ketika menyerahkan bibit bunga kepada salah seorang Kepala Kelurahan pada acara Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2016 Kabupaten Labuhanbatu.

HCPSNRANTAUPRAPAT, ML : Sekdakab Labuhanbatu Ir. H Muhammad Yusuf Siagian, M.MA didampingi Kaban Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu telah menyerahkan bibit bunga secara simbolis kepada Kepala Kelurahan dan Kepala Sekolah untuk di tanam di sepanjang jalan protokol yakni di ruas Jalan Sisingamangaraj, Jalan Binaraga, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Wr. Soepratman Rantauprapat.

            Penyerahan bibit bunga dengan jenis Bunga Pucuk Merah, Bunga Tanjung dan Bunga Kertas (Bougenvile) tersebut diserahkan Sekdakab Labuhanbatu, Kamis (17/11) dalam acara Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016 di Halaman Kantor BLH Labuhanbatu.

            Bupati Labuhanbatu dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Labuhanbatu Ir. H Muhammad Yusuf Siagian, M.MA pada acara Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016 itu mengatakan, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang diperingati menjadi momentum bagi gerakan penyelamatan satwa dan tumbuhan local dari ancaman kepunahan yang diwujudkan melalui upaya nyata dalam bentuk kebijakan dan program, baik nasional maupun daerah.

            Katanya, Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional merupakan moment yang tepat untuk penyadaran tentang pentingnya pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara adil, merata dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat. Upaya konservasi dilakukan untuk mendukung pemanfaatan secara berkelanjutan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati dilakukan dengan melaksanakan konservasi species dan ekosistem yang terdiri dari konservasi ex-situ seperti kebun raya, kebun binatang, taman safari dan taman keanekaragaman hayati.

            Selain itu konservasi sumber daya genetic juga dikembangkan untuk menjamin pemanfaatan secara berkelanjutan serta penyiapan perangkat konservasi seperti balai kliring keanekaragaman hayati dan program kerja konservasi keanekaragaman hayati.

            Diakhir pidatonya Bupati mengatakan, Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2016 Labuhanbatu ini diisi dengan gerakan penanaman pohon Bunga Pucuk Merah, Bunga Tanjung dan Bunga Kertas (Bougenvile) di lokasi yang dipandang strategis sekaligus mengajak masyarakat untuk memperbanyak penanaman pohon dilingkungan sekitarnya.

            Andi Ramadhan, SE Kabid Penyuluhan dan Kelembagaan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu dalam laporannya menjelaskan, bahwa dalam peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2016 ini dilaksanakan beberap kegiatan diantaranya menanam Bunga Pucuk Merah, Bunga Tanjung dan Bunga Kertas (Bougenvile) yang sebelumnya pada moment peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Kabupaten Labuhanbatu bulan yang lalu telah diserahkan bibit tanaman buah-buahan, Mangga, Sawo, Rambutan kepada seluruh Lurah meliputi Kecamatan Rantau Utara, Rantau Selatan dan kepada Sekolah Adiwiyata Kabupaten Labuhanbatu serta Sekolah Non Adiwiyata yang peduli terhadap pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.

            Adapun Tema Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2016 Kabupaten Labuhanbatu ini adalah “Ayo Selamatkan Puspa dan Satwa Sebagai Penyangga Kehidupan Mulai Dari Lingkungan Kita” dan tema tersebut mencerminkan kepedulian untuk membangun kesadaran dan membentuk kecintaan, jelas Andi Ramadhan.

Arsip Berita

Powered by mod LCA