14
Feb

Bupati Labuhanbatu Lounching Buku Buah Karya Putra Daerah

Teks Foto : Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta, M.MA saat menyerahkan seperangkat buku buah karya putra daerah kepada Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, Se, M.Si pada acara Lounching Buku di Halaman Masjid Al Ikhlas Ujung Bandar Rantauprapat.

Lounching BukuRANTAUPRAPAT, ML :Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si disaksikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Ferlin H Nainggolan, SH, Ketua IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Ahmad Deni, SE, Forkompimda, Sekdakab Ir. H Muhammad Yusuf Siagian, M.MA dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta, M.MA, Selasa (14/2) pagi telah melaunching Buku Karya Putra Daerah Labuhanbatu di Halaman Masjid Al Ikhlas Ujung Bandar Rantauprapat.

            Buku Buah Karya Putra Daerah Labuhanbatu yang di lounching oleh Bupati Pangonal Harahap tersebut berjudul Selayang Pandang Sejarah Labuhanbatu “Pusaka Bertuah Anak Negeri” ditulis oleh Alm. Raja Azman Syarif dan Macan Dari Pesisir ditulis oleh Zulfan Azhari Siregar serta Bunga Rampai Labuhanbatu Ditanah Aku Dibuai Ibu ditulis oleh Zulfan Azhari Siregar.

            Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si dalam arahannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran keluarga Almarhum Raja Azman Syarif yakni Raja Azwin Syahputra dan Zulfan Azhari Siregar yang telah menggoreskan tinta yang seolah-olah tidak pernah kering untuk menulis tentang sejarah singkat Labuhanbatu dimasa dahulu dan diharapkan agar buku-buku tersebut dapat lebih ditingkatkan menjadi sejarah Labuhanbatu dimasa lampau sehingga anak dan cucu kita saat ini dapat mengetahui tentang latar belakang sejarah Kabupaten Labuhanbatu yang kaya dengan sumber daya alam dan keragaman budyanya.

            Dijelaskan Pangonal Harahap, Untuk mengetahui tentang keberadaan buku “Selayang Pandang Sejarah Singkat Labuhanbatu” dan “Macan Dari Pesisir” serta “Bunga Rampai Labuhanbatu Ditanah Aku Di Buai Ibu”, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mencetak dan menerbitkan serta menyalurkan buku-buku tersebut keseluruh Perpustakaan Sekolah, Instansi-Instansi Terkait, Komunitas Literasi dan Tokoh-Tokoh Budyawan dan Sejarawan Labuhanbatu serta keseluruh Perpustakaan se-Provinsi Sumatera Utara dan Perpustakaan Republik Indonesia wlaupun dengan jumlah yang sangat terbatas, sebutnya.

            Sebagai Bupati Labuhanbatu saya berharap bahwa “Lounching” buku tersebut tidak hanya sampai disini saja, saya meyakini bahwa Labuhanbatu memiliki potensi sumber daya manusia yang mampu dan kompeten dalam penggalian sejarah dan kebudyaan Labuhanbatu, oleh karena itu saya menghimbau marilah kita perdalam pengetahuan kita tentang sejarah dan kebudayaan serta meningkatkan kemampuan dan menggalakkan literasi kita untuk Labuhanbatu yang maju dan bermartabat.

            Sementara Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Ferlin H Nainggolan, SH mengatakan, bahwa perpustakaan sebagai lumbung informasi punya peranan yang sangat strategis untuk berperan aktif dalam upaya memasyarakatkan budaya baca dengan perpustakaan menjadi medianya, untuk meningkatkan suatu kualitas dan layanannya berupa sarana dan prasarana serta pasilitas lainnya.

            “Saya atasnama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara member apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, teristimewa kepada Bupati Labuhanbatu yang telah mengadakan acara Lounching Buku-Buku Buah Karya Putra Daerah Labuhanbatu sebagai bentuk apresiasi kepad penulis untuk memotivasi penulis derah berbuat secara nyata karya-karya tulis untuk disajikan kepada pengusaha atau masyarakat, sehingga masyarakat akan mengetahui tentang buku-buku bacaan penulis lokal”, kata Ferlin H Nainggolan.

            Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta, M.MA dalam laporannya menjelaskan, Lounching Buku ini adalah wujud dari pengenalan terhadap karya penulis Putra Daerah Labuhanbatu dan kegiatan ini terlaksana sebagai wujud dukungan dari Bupati Labuhanbatu.

            Leo Sunarta juga menjelaskan bahwa di pelataran ini ada beberapa Mobil VW Combi yang berisi berbagai macam buku-buku untuk dibaca, mereka merupakan mitra kerja dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, mereka adalah dari Forum Masyarakat Literasi yang dengan sukarela serta tanpa pamrih selalu tampil disetiap kegiatan dengan membawa buku-buku bacaan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, terangnya.

            Dalam kegiatan Lounching Buku Buah Karya Putra Daerah Labuhanbatu tersebut ditandai dengan penyerahan seperangkat buku dari Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu kepada Bupati Labuhanbatu selanjutnya Bupati Labuhanbatu menyerahkan buku-buku tersebut kepada Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara dan Komunitas Baca serta Tokoh Budaya yang dilanjutkan dengan pengukuhan kepengurusan Literasi Kabupaten Labuhanbatu Periode 2017-2020 oleh Ketua IPI Provinsi Sumatera Utara Ahmad Deni, SE.

Arsip Berita

Powered by mod LCA