17
Feb

Perkemahan Tarunas 1 Labuhanbilik “Membangun Bangsa Dengan Trisatya”

Teks Foto : Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar saat menggunting tali pita menandai Pembukaan Perkemahan Tarunas 1 Tahun 2017 di Bumper Ikalia Labuhanbilik Panai Tengah.

Perkemahan Tarunas 1RANTAUPRAPAT, ML : Saya berkeyakinan Perkemahan Tarunas 1 “Membangun Bangsa Dengan Trisatya” sesuai dengan tugas pokok gerakan pramuka dapat dicapai seperti yang diamanatkan oleh Anggaran dasar gerakan pramuka pada pasal 4 yakni “Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia lebih baik”.

            Demikian antara lain isi pidato tertulis Kamabicab Pramuka Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Kamis (16/2) yang dibacakan oleh Mabicab Gerakan Pramuka Labuhanbatu Letkol Inf CZI Deden Sumarlin yang juga Dandim 0209/LB dalam acara Pembukaan Perkemahan Tarunas 1 Gerakan Pramuka di Bumper Ikalia Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah yang dihadiri Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar.

            Lebih lanjut disebutkannya, bahwa secara tidak langsung perkemahan ini juga sebagai tolak ukur, kompetensi tenaga pendidik dan kompetensi peserta didik, khususnya kompetensi peserta didik sesuai dengan pasal 32 butir 3 ART Gerakan Pramuka Tahun 2013 yakni “Kompetensi peserta didik adalah nilai-nilai kecakapan minimal yang harus dicapai melalui syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus”.

            Dikatakannya, Melalui perkemahan ini, saya berharap persaudaraan kita semakin erat bagai simpul mati dalam bingkai persaudaraan Tunas Kelapa, mari bersama kita membangun karakter generasi muda Indonesia menjadi generasi tangguh membangun negeri. Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia.

            “Kepada adik-adik penegak dan penggalang, kakak ucapkan selamat mengikuti perkemahan Tarunas 1 Tahun 2017, ikutilah seluruh mata lomba dengan baik, jagalah sportifitas yang tinggi, jadikan perkemahan ini sebagai anjangsana antar pramuka sebagai alat memperkuat silaturrahmi dan memperluas wawasan serta tetap menjaga kode kehormatan gerakan pramuka yakni Tri Satya dan Dasa Dharma, katanya mengingatkan.

            Perkemahan Tarunas 1 yang berlangsung dari tanggal 16 s/d 19 Pebruari 2017 di Bumper Ikalia Labuhanbilik ini diikuti sebanyak lebih kurang 1500 orang peserta dari Labuhanbatu Raya yang terdiri dari para Penggalang dan Penegak, adapun kegiatan yang dilaksanakan selama Perkemahan Tarunas 1 tersebut antara lain adalah melaksanakan kegiatan lomba Cerdas Cermat, Scouting Tour, Baris Berbaris, Pentas Seni, Hasta Karya, Karnaval, Korve Tenda, Morse, Menu Sehat dan lain-lain.

            Pada acara pembukaan Perkemahan Tarunas 1 ini juga dihiasi dengan kunjungan ke stand-stand serta mengunjungi dan memberikan penghargaan kepada M. Nasuki Siregar (Pembimbing Gerakan Pramuka) yang saat ini sudah berusia 84 Tahun.(

Arsip Berita

Powered by mod LCA