23
Feb

Bupati Labuhanbatu Resmikan Bendungan Bank Sumut Berjaya Di Pasuruan

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si disaksikan unsur Muspida sedang membuka kran pipa air menandai pengoperasian Pemanfaatan Sumber Air Sei Pasuruan Bendungan Bank Sumut Berjaya.

BendunganRANTAUPRAPAT, ML : Bupati Labuhanbatu H Pangoinal Harahap, SE, M.Si didampingi Kapolres AKBP Frido Situmorang dan Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat H Muktar, Kamis (23/2) telah meresmikan Pengoperasian Bendung Pemanfaatan Sumber Air Sei Pasuruan dengan Sistyim Gravitasi yang diberinama “Bendungan Bank Sumut Berjaya” di Pasuruan Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara.

            Dalam pidato peresmian itu Pangonal Harahap mengatakan, bahwa salah satu sumber pembiayaan yang telah kita peroleh untuk mencapai target nasional 100% akses air minum adalah dana CSR (Corporate Social Renponsibility) PT Bank Sumut Tahun Buku 2015 sebesar Rp.628.879.000,- yang pekerjaan kontruksinya telah selesai dilaksanakan dan dioperasionalkan.

            Untuk itu, kami sangat mengapresiasi jajaran Direksi dan Manajemen PT. Bank Sumut yang telah turut mendukung Pemerintah Daerah dalam menyukseskan program nasional dibidang penyediaan air bersih.

            Pangonal Harahap juga mengharapkan kepada masyarakat yang memanfaatkan sumber air ini, agar dapat menjaga, merawat dan mempergunakan sebaik-baiknya agar bangunan ini dapat berkesinambungan, kemudian kami tekankan kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang berkebun di sekitar aliran sungai ini, agar menjaga kelestarian alam sekitar dan tidak mencemari aliran sungai ini, kita harus bersama-sama menjaga kelestariannya, seperti yang tertulis pada salah satu spanduk yang ada “Jangan Wariskan Air Mata, Tetapi Wariskanlah Mata Air Terhadap Anak Cucu Kita”, terangnya.

            Lebih lanjut Pangonal Harahap mengatakan, bahwa air adalah kebutuhan primer bagi manusia, untuk itu saat ini sedang dilakukan survey bahwa air Aek Katiak di Kecamatan Bilah Barat kalau diolah menjadi air bersih akan mampu memberikan sumber air kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu, tapi untuk mewujudkan itu anggarannya cukup besar lebih kurang Rp.70 Millyar, jelasnya.

            Pimpinan PT Bank Sumut Cabang Rantauprapat H Muktar dalam sambutannya menyebutkan bahwa CSR sebagai komitmen bisnis Bank Sumut untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup komunitas setempat maupun masyarakat luas.

            Bagi perusahaan, CSR bermanfaat untuk memperoleh citra yang baik, kepercayaan, keamanan social dan berkelanjutannya suatu perusahaan, sedangkan bagi pemerintah dan masyarakat CSR itu bermanfaat untuk meringankan beban pembiayaan pembangunan dan mempercepat pencapaian kesejahteraan rakyat.

            H Muktar juga menjelaskan bahwa untuk tahun buku 2015 Labuhanbatu menerima CSR sebesar Rp.628.879.000,- oleh leading sector diperuntukkan untuk kegiatan Pembuatan bendungan pemanfaatan sumber air Sei Pasuruan Sirandorung serta Pembuatan 3 unit bak penampungan, adapun besaran dana CSR tersebut dipengaruhi oleh besaran saham masing-masing Pemda dan besaran laba yang diperoleh Bank Sumut pada tahun buku sebelumnya.

            Bindu Siahaan selaku Tokoh Masyarakat mengemukakan dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu dan pihak Pimpinan PT Bank Sumut Cabang Rantauprapat yang telah membuat bendung pemanfaatan sumber air pasuruan, ini merupakan wujud nyata untuk memenuhi kebutuhan manusia, untuk itu mari kita berdayakan dan kita rawat bendungan ini dengan sebaik-baiknya.

            Sementara, Camat Rantau Utara Andrea Nuzul Manik, S.STP dalam laporan singkatnya menjelaskan bahwa Pengoperasian Bendung Pemanfaatan Sumber Air Sei Pasuruan dengan Sistyim Gravitasi yang diberinama “Bendungan Bank Sumut Berjaya” di Pasuruan Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara ini akan mampu memberikan air bersih kepada 600 kepala keluarga yang berada di 2 lingkungan yaitu 150 KK di Lingkungan Pasuruan dan 450 KK di Lingkungan Sirandorung Ujung.

            Peresmian Bendungan Bank Sumut Berjaya ini ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan, pengguntingan pita, pembukaan keran air dan penandatanganan batu prasasti oleh Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si.

Arsip Berita

Powered by mod LCA