23
Mar

Sekdakab Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018

Teks Foto : Sekdakab Labuhanbatu Ir. H Muhammad Yusuf Siagian, M.MA ketika menyampaikan pidato tertulis Bupati Labuhanbatu pada acara Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018.

Pembukaan MusrenbangRANTAUPRAPAT, ML : Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Kabupaten Labuhanbatu merupakan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dsan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tata cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, oleh karena itu apa yang kita lakukan hari ini tentunya sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Labuhanbatu.

            Demikian isi pidato tertulis Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si yang disampaikan Sekdakab Ir. H Muhammad Yusuf Siagian, M.MA, Kamis (23/3) pada saat membuka acara Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu yang dihadiri Unsur Forkompinda, para Asisten, Kepala SKPD, Tomas, Pimpinan Organisasi, LSM dan Insan Pers serta delegasi kecamatan.

            Dikatakannya, bertitik tolak dari berbagai permasalahan, potensi dan tantangan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu yang ada saat ini, serta memperhatikan RPJPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2005-2025 dan RPJMD Tahun 2016-202, maka Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2018, ditetapkan tema Pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 adalah “ Peningkatan Infrastruktur dan Ekonomi Kerakyatan serta Pelayanan Publik dalam rangka Penguatan Daya Saing Daerah”.

Untuk mewujudkan Satu Tekad Bersama Rakyat Menuju Sejahtera 2020, Labuhanbatu Semakin Hebat Lebih Berdaya 2025, dengan prioritas pembangunan dibidang pendidikan, kesehatan, perumahan dan permukiman, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, ketahanan energi, ketahanan pangan, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, sanitasi dan air minum, pengembangan wilayah dan peningkatan kualitas sumber daya aparatur, jelasnya.

Menurutnya, Prioritas pembangunan tersebut hendaknya menjadi perhatian dan acuan bagi kita semua dalam merencanakan program/kegiatan tahun 2018, dan khusus mengenai program penanggulangan kemiskinan, saya mengajak semua jajaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, dunia usaha, perguruan tinggi dan masyarakat luas untuk dapat berkomitmen kuat dan beruapaya maksimal menurunkan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Labuhanbatu.

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. H Riadil Akhir Lubis, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Dukungan Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu menjadi sangat penting untuk mencapai tujuan strategis tersebut, diperlukan adanya koordinasi, integrasi, sinergi dan sinkronisasi antar strata pemerintahan dan antar pelaku pembangunan di semua level, baik dengan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah bertetangga dengan Kabupaten Labuhanbatu Utara, Labusel, Padang Lawas Utara dan Provinsi Riau dalam mewujudkan program pembangunan daerah Kabupaten Labuhanbatu, prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara dan Program Prioritas Nasional.

Lanjut Gubsu, Dengan memperhatikan misi Kabupaten Labuhanbatu yakni antara lain, Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu, terjamin, terjangkau dan merata,  Membangun perekonomian yang kuat untuk menjamin pemerataan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan sinergi pembangunan di bidang infrastruktur, maka Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk mewujudkan visi dan misi tersebut melalui usulan penganggaran APBN ke Pemerintah Pusat.

Kabid Perencanaan Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Labuhanbatu Hamamuddin Siregar, ST, MM dalam laporannya menjelaskan, bahwa Musrenbang ini merupakan rangkaian lanjutan dari Forum Perangkat Daerah dan Gabungan Perangkat Daerah yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 s/d 9 Maret 2017, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 23 s/d 24 Maret 2017, khusus hari kedua akan dilaksanakan desk untuk pematangan rancangan RKPD.

Dikatakannya, keluaran yang dihasilkan pada Musrenbang Kabupaten adalah rancangan akhir RKPD Kabupaten Labuhanbatu sebagai landasan penyusunan KUA & PPAS dalam rangka penyusunan R-APBD dan sebagai pedoman penyempurnaan rancangan renja perangkat daerah, jelas Hamamuddin Siregar.

Arsip Berita

Powered by mod LCA