28
Mar

Pangonal Harahap Akan Berikan Bonus Umroh Kepada Juara I MTQ

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si ketika melantik Dewan Hakim dan Dewan Juri MTQ Ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu di Lapangan Bola Kaki Pondok Wesel Perkebunan Ajamu Kecamatan Panai Hulu.

Pelantikan Dewan HakimRANTAUPRAPAT, ML : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si berjanji akan memberikan hadiah atau bonus kepada Juara I MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) yang berlangsung dari tanggal 27 s/d 31 Maret 2017 di Lapangan Bola Kaki Pondok Wesel Perkebunan Ajamu Kecamatan Panai Hulu.

            “Saya akan memberikan hadiah atau bonus kepada Juara I MTQ untuk melaksanakan umroh ke tanah suci”, kata Pangonal Harahap ketika menyampaikan arahannya pada acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 yang ditandai dengan pemukulan beduk bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Unsur Forkopimda Labuhanbatu.

            Disisi lain dalam arahannya Pangonal Harahap mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Festival Nasyid ini dilaksanakan adalah merupakan program tahunan pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah, MTQ dan Festival Nasyid, menuruit hemat saya sesungguhnya adalah suatu kegiatan yang mempunyai arti dan makna yang sangat hakiki dan mulia bagi kita semua, baik di dunia maupun di akhirat nanti.

            Disebutkannya, kegiatan ini merupakan suatu proses pembelajaran dan pembinaan terhadap nilai-nilai ritual keagamaan dan seni budaya yang islami, yang tentunya kita harapkan akan menghasilkan pemahaman dan pengamalan secara baik dan benar terhadap nilai-nilai yang terkandung didalam Al Qur’an dan syair-syair lagu yang dilantunkan karena dengan pemahaman seperti inilah insya Allah akan menciptakan manusia-manusia yang qur’ani dan islami ditengah-tengah masyarakat.

            Sementara, Ketua DPRD Labuhanbatu dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Parsono Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk menjadikan pelaksanaan MTQ Ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31 Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu ini sebagai bagian dari upaya kita meningkatkan karakter bangsa yang unggul dan berakhlak mulia.

            “Mari kita jadikan Al Qur’an dan petuah yang terkandung dalam seni nasyid ini sebagai rujukan dalam pembinaan karakter yang tangguh dalam menghadapi berbagai cobaan dan ujian”, jelas Parsono.

            Sedangkan, Ketua Harian LPTQ dan LPPSN Kabupaten Labuhanbatu Drs. Safiruddin, M.Pd menjelaskan, bahwa LPTQ dan LPPSN berencana membentuk LPTQ dan LPPSN di setiap Kecamatan dan mengoptimalkan pembinaan, disamping itu pada Tahun 2018 bila memungkinkan akan direncanakan disetiap kecamatan dapat melaksanakan MTQ Tingkat Kecamatan.

            Katanya, berkaitan dengan pelaksanaan MTQ ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31, cabang yang diperlombakan adalah cabang Tilawah Al- Qur’an, Hifzil Qur’an, Khottil Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Qiro’ah Sab’ah dan Karya Ilmiah Kandungan Al Qur’an serta Festival Nasyid.

            Sedangkan Dewan Hakim terdiri dari 28 orang dan Panitera/Perangkat Dewan Hakim sebayak 27 orang, kemudian Dewan Juri Nasyid terdiri dari 8 orang,3 diantaranya merupakan Dewan Juri Nasional dan Provinsi.

            Lebih lanjut Safiruddin menjelaskan, bahwa pelaksanaan MTQN Ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus bertempat di Kabupaten Dairi, sedangkan pada Tahun 2018 MTQ Tingkat Nasional akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara. “Semoga pada MTQ Tingkat Nasional ada diantara puytra-putri Labuhanbatu yang menjadi pesertanya, bahkan pemenangnya”, harapKakan Kemenag Labuhanbatu tersebut.

            Dalam sambutan singkatnya Camat Panai Hulu Muslih, SH, MM selaku Ketua Panitia Pelaksana MTQ dan Festival Nasyid ini mengutarakan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak dan remaja tentang ayat-ayat suci Al Qur’an  dan untuk mencari bakat kontingen/peserta yang akan dibawa untuk diperlombakan di MTQ dan Festival Nasyid Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

            Menurut Muslih, Kegiatan MTQ dan Festival Nasyid ini dilaksanakan dari tanggal 27 s/d 31 Maret 2017 di empat lokasi yaitui, Lapangan Bola Kaki Pondok Wesel Desa Perkebunan Ajamu, SMP Yapendak Panai Hulu, Mesjid Mukhlisin Pondok Wesel dan Musholla Al Ikhlas Sei Sentosa dengan jumlah total peserta sebanyak 468 orang dari 9 kecamatan, dengan perincian peserta MTQ sebanyak 270 orang dan Festival Nasyid sebanyak 198 orang.

            Seluruh kegiatan pembukaan MTQ Ke-46 dan Festival Nasyid Ke-31 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu ini diawali pada sore hari dari Penaikan Bendera MTQ dan Festival Nasyid, Penyerahan Trophy Bergilir, Bai’ah dan Pelantikan LPTQ dan Dewan Hakim serta pelaksanaan Pawai Ta’aruf.

Arsip Berita

Powered by mod LCA