10
Apr

Pengurus Saka Kencana Harus Bekerjasam Untuk Mencapai Tujuan Krida

Teks Foto : Ka Kwarcab Labuhanbatu Hj Siti Awal Siregar diabadikan usai menyematkan tanda jabatan kepada Ka Mabisaka Labuhanbatu Hj. Lidiyawati harahap, S.Psi, M.AP pada acara Pelantikan Pengurus Saka Kencana Masa Bakti 2017-2021 di Aula Gedung PKK.

. Ka Kwarcab Pramuka Lantik Pengurus Saka Kencana Labuhanbatu.

Saka KencanaRANTAUPRAPAT, ML : Kepada Kakak Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB/OPD Kabupaten Labuhanbatu selaku Mabisaka beserta seluruh Pengurus Saka Kencana untuk segera berbenah dan terus bekerjasama sesuai dengan bidang tugas masing-masing untuk mencapai tujuan Krida yang ada pada Saka Kencana.

            Demikian dikatakan Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar, Senin (10/4) pagi dalam arahannya pada acara pelantikan pengurus Saka Kencana Kwartir Cabang Labuhanbatu masa bakti 2017-2021 di Aula Gedung PKK Jln. Wr. Soepratman Rantauprapat yang dihadiri para Kepala SKPD dan Camat se-Labuhanbatu.

            Lebih lanjut Siti Awal Siregar menjelaskan, Sesuai dengan SK Kwarnas Gerakan Pramuka No. 166 Tahun 2002 Tentang Penyempurnaan Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana serta sesuai Anggaran Rumah Tangga Gerakan pramuka Tahun 2013 yang berbunyi “Anggota Saka Wajib Meneruskan Pengetahuan dan Ketrampilannya kepada anggota lain di gugus depannya”.

            Seperti yang kita ketahui bersama, penduduk indonesia, menurut data pada tahun 2016 sudah mencapai 254.751.501 jiwa,  memerlukan perhatian yang serius kepada kita mengingat bahwa pertumbuhan penduduk berdasarkan deret ukur sedangkan pertumbuhan ekonomi berdasarkan deret hitung, fakta ini merupakan tantangan berat sebab kesenjangan akan terus menerus menjadi ancaman yang sangat serius.

            Untuk itulah kiranya tepat dan sangat dibutuhkan atau diaktifkannya kembali Saka Kencana menjadi salah satu alternative berperan aktif dalam pemecahan masalah tersebut, tentu terbentuknya kelompok siaga kependudukan sebagai model di Kabupaten Labuhanbatu merupakan langkah yang sangat tepat sebagai model dalam penanggulangan ledakan jumlah penduduk khususnya di Labuhanbatui, jelas Ka Kwarcab Labuhanbatu ini.

            Bupati Labuhanbatu yang diwakili Asisten Adm Pemerintahan Sofyan Hasibuan, SE dalam sambutannya mengatakan, atsnama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu kami mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan pengurus Saka Kencana Kabupaten Labuhanbatu masa bakti 2017-2021.

            Kepada yang baru dilantik kami ucapkan selamat bekerja dan apa yuang disampaikan panitia tadi agar kiranya tugas pokok dan fungsi dari Saka Kencana dan dari Anggaran Rumah Tangga kedepan bisa kita laksanakan dengan baik, yang jelas pelantikan ini seiiring dengan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu sesuai visi misi Bupati Labuhanbatu, mengingat saat ini situasi dan kondisi Pemkab Labuhanbatu sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan baik dalm hal keluarga berencana yang baru dilantik tadi, harapan kita marilah kita bekerja-bekerja dengan baik untuk menyongsong pemerintahan yang lebih baik kedepan, terang Sofyan Hasibuan.

            Sementara, Ka Mabisaka Labuhanbatu Hj. Lidiyawati harahap, S.Psi, M.AP dalam kesempatan itu mengutarakan, bahwa untuk percepatan terwujudnya kemitraan dibidang kependudukan dan keluarga berencana ini, akan dibentuk Sekolah Siaga Kependudukan berbasis kepramukaan pada SMK Al-Washliyah Sigambal Kecamatan Rantau Selatan pimpinan kakak Murjani Sitepu, sekolah ini nantinya akan menjadi pioner untuk mengembangkan modul-modul pembelajaran yang bermuatan kependudukan dan keluarga berencana.

            Lidiyawati juga menjelaskan, setelah acara pelantikan ini akan dilanjutkan dengan pemberian materi Saka Kencana dan kepramukaan oleh nara sumber kakak Sudarsono dari Kwarda Sumatera Utara serta kaka Murjani Sitepu dari Kwarcab Labuhanbatu.

            Para pengurus Saka Kencana Kwartir Cabang Labuhanbatu masa bakti 2017-2021 yang dilantik oleh Ka Kwarcab Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar sesuai SK Nomor 090 Tahun 2017 terdiri dari Ka Mabisaka Hj. Lidiyawati harahap, S.Psi, M.AP, Pimpinan Saka Hj. Neng Khoiriah, SKM, MM, Pamong Saka Suzana, Sekretaris I Drs. Coklan, Sekretaris II Yuni Sundari, Bendahara Zuriana, Krida Kependudukan Dra. Shofiyah Siregar, Ali Nafiah, Reni Kartika, S.Psi, M.Si. Krida Kesehatan Produksi Nurhetti Lumban Tobing, S.KM, Rospiati Ritonga, M Ibrahim, ST. Krida Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Hj. Kamariah, S.IP, Umi Kalsum, Harweny Frisca Siregar, SE. Krida Generasi Berencana (Genre) Hj. Farida Yusnani, SE, Suzana dan M.Noor Putra Praja.

Arsip Berita

Powered by mod LCA