02
Aug

Pangonal Harahap : “Bidan Adalah Sebagai Dewa Penyelamat”

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si saat menerima nasi tumpeng dari Ketua IBI Provinsi Sumatera Utara pada acara Muscab dan HUT IBI ke-66 Kabupaten Labuhanbatu.

IMG 5909RANTAUPRAPAT, ML : Dengan acara Hari Ulang Tahun IBI (Ikatan Bidan Indonesia) ke-66 dan juga Muscab IBI Kabupaten Labuhanbatu, kami dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun IBI, semoga Ikatan Bidan Indonesia khususnya Kabupaten Labuhanbatu semakin jaya, semakin amanah, semakin tulus dalam melaksanakan tugas, sehingga dimata masyarakat bidan adalah sebagai dewa penyelamat.

            Hal tersebut dikatak Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Rabu (2/8) dalam acara Pelaksanaan Muscab IBI Kabupaten Labuhanbatu dan HUT IBI Ke-66 Tahun 2017 di BJ Sinurat Hotel Permata Land Rantauprapat.

Lebih lanjut Pangonal Harahap mengatakan, Kenapa saya katakan seperti itu, awalnya kita lahir kedunia yang pertama menyelamatkan kita adalah Bidan dan kalau kita hayati hymne bidan tadi sangat menggugah hati kita, saya perhatikan ini semua ketuylusan dan keikhlasan yang dilakukan, tetapi saya yakin bahwa hal itu pasti akan terjadi, karena ibu-ibu menjadi bidan ini adalah awalnya dari pendidikan, dibangku pendidikan pengetahuan yang diterima adalah ingin membantu, maka sebelum ibu menjadi bidan tentu sudah diketahui kian bahwa tugas dari bidan itu ialah membantu ibu-ibu melahirkan dan menolong sesama wanita, jelas Pangonal Harahap.

            Ketika ketulusan dan keikhlasan itu tidak terpancar, tercermin dalam hati ibu-ibu, berarti ibu-ibu sudah melanggar kode etik dan sudah salah dalam mengemban amanah atau profesinya sebagai bidan, jelasnya.

            Dalam kesempatan itu Bupati Menghimbau kepada seluruh Anggota IBI agar dalam menjalankan tugasnya tidak membeda-bedakan, selain itu ikhlas dalam memberikan pertolongan, meski tugas kita sebagai bidan sangat berat namun sungguh mulia dan sebagai penyelamat wanita di mayapada, “ibu-ibu bidan adalah sahabat saya dan merupakan teman saya untuk membangun daerah Labuhanbatu ini dan untuk melayani Labuhanbatu ini, karena faktor keberhasilan Kepala Daerah itu ada pada bidang kesehatan dan pendidikan”, jelas Pangonal Harahap.

            Ketua PD IBI Provinsi Sumatera Utara Idau Ginting,SST, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, bahwa didalam kepengurusan IBI ini penuh dengan pengabdian yang diharapkan orang yang mau dan mampu untuk melanjutkan estafet kepemimpinan ibu Hj. Rolbariah, mampu dalam arti kata banyak dukungan dari keluarga dan teman-teman sekitar, karena kalau tidak mendapat dukungan melaksanakan pekerjaan ini sangat-sangat berat sekali, untuk itu diharapkan adalah orang yang mau dan mampu serta mendapat dukungan dan dapat bekerja sama dengan semua pihak.

            Sementara Ketua IBI Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rolbariah Nasution, SKM dalam kesempatan itu mengatakan, Bidan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak balita bagi masyarakat, seorang bidan menjadi sejarah penting bagi kehidupan manusia dan menjadi bagian tidak terpisah khususnya bagi masyarakat pedesaan.

            “Bidan sebagai tenaga kesehatan yang terdekat dengan ibu, bayi dan anak dimanapun berada mulai dari kota sampai desa, bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan terdepan sebagai tokoh masyarakat dan sebagai agen perubahan di bidang kesehatan masyarakat mempunyai kontribusi yang sangat diperhitungkan dalam pembangunan Kabupaten Labuhanbatu di bidang kesehatan menuju Labuhanbatu Yang Sejahtera, Hebat dan Berdaya 2025”, ungkap Rolbariah.

            Naomi Samosir, Am.Keb selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya menjelaskan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk membuat pertanggungjawaban pengurus cabang IBI Kabupaten Labuhanbatu dan secara khusus untuk evaluasi program kerja yang telah dilaksanakan serta mengevaluasi program kerja yang belum terlaksana, sekaligus untuk mengetahui hambatan, masalah-masalah yang dihadapi dan mencari jalan keluar untuk pelaksanaan program periode berikutnya.

            Dijelaskannya, Muscab IBI ini adalah untuk menghasilkan beberapa keputusan penting diantaranya, terpilihnya Ketua Cabang Ibi Kabupaten Labuhanbatu dan 4 Pengurus Inti lainnya, Tersusun rencana strategis PC IBI periode yang akan datang kemudian tersesunnya AD/ART IBI hasil peninjauan AD/ART sebelumnya dan akan dijadikan sebagai AD/ART.

            Pembukaan Muscab dan HUT IBI Kabupaten Labuhanbatu yang ke-66 Tahun 2017 ini ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua IBI Provinsi Sumatera Utara yang langsung diserahkan kepada Bupati Labuhanbatu h Pangonal Harahap, SE, M.Si.

Arsip Berita

Powered by mod LCA