09
Aug

Bupati Labuhanbatu : Perlindungan Anak Dimulai Dari Keluarga

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Siti Awal Pangonal Harahap dan Plt. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Labuhanbatu H Panusunan Dalimunthe, S.Pd beserta istri ketika diabadikan dengan pelajar SD penerima/pemenang hadiah luckydraw pada acara Peringatan HAN Tahun 2017.

IMG 6288RANTAUPRAPAT, ML : Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi proses tumbuh kembang anak, yang akan memberi pengaruh secara langsung kepada masa depan anak, jika keluarga membentuk karakter yang baik bagi anak, anak akan mengerti bagaimana bertindak dan bersikap sesuai etika dan norma yang ada, yang berarti keluarga telah memberikan perlindungan kepada anak, sikap yang ditunjukkan oleh keluarga, terutama orang tua akan menjadi tauladan yang nyata bagi anak.

            Demikian dikatakan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Rabu (9/8) pagi dalam acara Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Labuhanbatu di Lapangan Ikabina Rantauprapat yang dihadiri Kepala SKPD, Asisten, Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap.

            Banyak tantangan yang harus kita hadapi, tidak semua keluarga mempunyai kualitas sesuai yang diharapkan, masih banyak keluarga indonesia yang tergolong tidak sejahtera, peningkatan kasus kekerasan terhadap anak, perdagangan anak, pornografi dan sebagainya, dimana anak bukan hanya sebagai korban, tetapi juga menjadi pelaku yang disebabkan kurang komunikasi dalam keluarga, masalah tersebut harus kita cari jalan keluarnya, jelas Pangonal Harahap.

            Untuk itulah peran keluarga sangat diperlukan dalam mengasuh anak sesuai dengan prinsif yang digunakan dalam pembangunan anak indonesia yang mengacu pada konvensi hak anak yaitu, Non Diskriminasi, Kepentingan terbaik bagi anak, Hak hidup, Kelangsungan hidup dan perkembangan serta menghargai pendapat anak.

            Menurut Bupati Labuhanbatu ini bahwa tujuan peringatan hari anak ini adalah untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif seluruh komponen masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak serta memberikan informasi tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga yang berkualitas.

            Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Labuhanbatu H Panusunan Dalimunthe, S.Pd dalam laporannya menjelaskan, Rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 dimulai dari tanggal 6 s/d 9 Agustus 2017 dengan puncak peringatannya tanggal 9 Agustus 2017 di Lapangan Ikabina Rantauprapat.

            Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain kegiatan Lomba Fashion Show (TK), Lomba Baca Puisi (SD), Lomba Mendongeng (SMP) dan Lomba Anak Berprestasi Pendidikan Olahraga (SMA) serta Senam Three Ends di acara Car Free Day. Kemudian menurut Panusunan Dalimunthe, hasil yang diharapkan dari pelaksanaan puncak peringatan Hari Anak Nasional ini antara lain untuk Meningkatkan semangat anak Kabupaten Labuhanbatu melalui Forum Anak Kabupaten Labuhanbatu dalam membangun bangsa dan negara serta mensejahterakan keluarga masing-masing.

            Pada acara Puncak Peringatan HAN tersebut, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si mengukuhkan Forum Anak Kabupaten Labuhanbatu periode 2017 – 2019 dan memberikan hadiah dua unit sepeda dan uang tunai kepada pelajar SD yang dapat memjawab pertanyaan dari Kepala daerah itu, selain itu Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu juga menyerahkan berbagai hadiah lomba maupun akta kelahiran gratis yang digagas Dinas Catatan Sipil yang dirangkai dengan peresmian ruang ramah anak di Rumah Sakit umum Daerah Rantauprapat.

Arsip Berita

Powered by mod LCA