14
Sep

Plt.Kadis Kominfo Labuhanbatu : KIM Sebagai Pendukung Terwujudnya e-Government

Teks Foto : Plt. Kadis Kominfo Labuhanbatu H Muhammad Ihsan Harahap, ST (duduk) tengah menyaksikan peragaan Kelompok KIM Handayani dalam acara Sosialisasi di Bilah Hulu.

IMG 0304RANTAUPRAPAT, ML  : KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) sebagai pendukung terwujudnya e-Government yang kita ketahui bersama bahwa peran KIM antara lain adalah Mengelola Informasi, Mengembangkan Kualitas SDM Masyarakat di Bidang Informasi dan Menjembatani Informasi.

            Demikian antara lain dijelaskan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu H Muhammad Ihsan Harahap, ST, Rabu (13/9) pagi saat memelaksanakan tugas sebagai narasumber pada acara Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Di Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Bilah Hulu.

            Secara rinci Plt. Kadis Kominfo Labuhanbatu ini menegaskan bahwa Mengelola Informasi itu dimulai dari menyerap, mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan mendiseminasikan informasi kepada pihak yang berkompeten serta mengelola umpan balik.

            Didalam Peran KIM, Mengembangkan kualitas SDM masyarakat di bidang informasi, tujuannya agar masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu ini menjadi insan informasi yang dapat diandalkan dalam pelaksanaan pembangunan yang sedang giat-giatnya di lakukan oleh Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, kemudian dalam Menjembatani Informasi antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi.

            Menurut Muhammad Ihsan Harahap, bahwa Aktivitas KIM itu adalah “ADINDA” yaitu Akses informasi, Diskusi tentang informasi, Implementasi informasi yang diterima, Networking (Jaringan Kelembagaan), Diseminasi (seleksi, pengolahan & penyebaran informasi), kemudian Aspirasi (penyerap & penyalur aspirasi masyarakat, namun demikian yang paling penting adalah untuk mendapatkan informasi itu kita harus rajin mengakses atau menemukan informasi tersebut melalui berbagai media yang ada.

            Mantan Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pasar dan Kebersihan ini menegaskan, Ternyata KIM itu garda depan dalam penyebarluasan informasi & mendukung terwujudnya e-Government dengan menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya informasi tentang pembangunan, sebutnya.

Selain itu Muhammad Ihsan Harahap juga menjelaskan bahwa pemerintah terus berupaya agar KIM ini tetap eksis dan berfungsi sebagaimana yang diharapkan dan untuk Tingkat Kabupaten/Kota upaya yang dilakukan adalah melaksanakan Bimtek KIM (pengelolaan informasi dan usaha mempertahankan serta meningkatkan taraf kehidupan), kemudian melaksanakan kompetisi dan pemberian penghargaan prestasi KIM secara berkala di tingkat Kabupaten/Kota serta memfasilitasi studi banding.

Dalam kegiatan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Labuhanbatu ini turut sebagai narasumber Kabid Pengelolaan Opini & Aspirasi Publik Diskominfo Siti Nursani Lubis, SE dengan tajuk Materi Pelatihan KIM dan Hendra Pandapotan Ketua Kelompok KIM Handayani yang juga turut memperagakan kegiatan KIM di tengah-tengah masyarakat.

Sosialisasi KIM yang dijadwalkan di sembilan wilayah kecamatan dalam daerah Kabupaten Labuhanbatu ini pesertanya terdiri dari Kepala Kelurahan/Kepala Desa, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Seni dan Budaya, kelompok Usaha atau Kelompok Tani dan Ahli Informasi dimasing-masing kecamatan dengan jumlah peserta lebih kurang 50 orang.

Arsip Berita

Powered by mod LCA