22
Sep

Ka Kwarcab Labuhanbatu Buka Jambore Literasi Tahun 2017

Teks Foto : Ka Kwarcab Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar saat menyematkan tanda peserta kepada salah seorang Penggalang pada acara Pembukaan Jambore Literasi Se-Kabupaten Labuhanbatu di Halaman Sekolah Yapim Rantauprapat.

IMG 7695RANTAUPRAPAT, ML : Kegiatan hari ini kita akan melaksanakan “Jambore Literasi” bagi adik-adik penggalang yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Labuhanbatu, dalam hal ini tentunya kita berharap dapat meningkatkan minat baca dan minat menulis sejak dini di usia penggalang diselingi dengan kegiatan perkemahan, kemampuan kepramukaan dan lainnya dengan penuh gembira dan penuh persahabatan.

            Demikian dikatakan Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Letkol CZI Denden Sumarlin Kamabiraka Wirakartika Labuhanbatu, Jum’at (22/9) sore pada acara Pembukaan Jambore Literasi Pramuka Tingkat SMP Se-Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 di Halaman Sekolah Yapim Rantauprapat.

            Jambore merupakan pesta/pertemuan para pramuka penggalang dengan acara kegiatan yang bersifat rekreatif, ring gembira, penuh rasa persaudaraan, kreatif, menyenangkan dan mengesankan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan, dirangkaikan dengan literasi yang merupakan sebuah gerakan andalan Dinas Pendidikan saat ini dimulai dari sekolah-sekolah sekaligus Gugus Depan sebagai ujung tombak gerakan pramuka.

            Menurutnya, Dalam rangka memenuhi serta upaya meningkatkan kualifikasi gugus depan, diselenggarakan pula perlombaan seperti lomba baca puisi, lomba mengarang, lomba cepat tanggap dan scouting rally, diharapkan pelaksanaan perlombaan ini dapat diselenggarakan dengan riang gembira, kreatif, menyenangkan dan mengesankan.

            Ketua Panitia pelaksana kegiatan Jambore Literasi Drs. Maksum Siagian dalam kesempatan itu melaporkan bahwa kegiatan jambore literasi ini dilaksanakan dari tanggal 22 sampai dengan 24 September 2017 dengan jumlah peserta lebih kurang 200 orang yang terdiri dari Panitia, Pendamping dan Penggalang.

            Maksum juga menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan Jambore Literasi tingkat Penggalang se-Kabupaten Labuhanbatu ini adalah untuk meningkatkan silaturrahmi  antara guru pembina dan penggalang se-Kwarcab Kabupaten Labuhanbatu dan menciptakan atau mewujudkan manusia yang berkepribadian, bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur serta mewujudkan literasi yang cerdas, trampil dan tangguh, jelasnya.

            Dalam acara pembukaan jambore literasi tersebut dirangkai dengan penyerahan bingkisan kepada sembilan orang perwakilan Kamabigus se-Kabupaten Labuhanbatu oleh Ka Kwarcab Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar beserta Kamabiraka Wirakartika Labuhanbatu, Kadis Pendidikan dan Camat Rantau Selatan.

Arsip Berita

Powered by mod LCA