28
Sep

Patut Dicontoh, Baikandi Ladomi, Pengusaha Muda Labuhanbatu Yang Penuh Inspiratif

Teks Foto : Baikandi Ladomi Harahap saat bersilaturrahmi dan tukar pikiran dengan Amin Wahyudi Harahap yang juga merupakan salah satu dari  pengusaha muda yang sukses di Labuhanbatu.

Baikandi RANTAUPRAPAT, ML : Wajar dan patut rasanya untuk dicontoh oleh generasi muda atau pengusaha muda yang berada di Kabupaten Labuhanbatu khususnya dan Sumatrera Utara umumnya, karena Baikandi Ladomi Harahap yang masih berusia 25 tahun ini sudah mampu mengelola jasa percetakan di bumi Ikabina En Pabolo Rantauprapat.

            Memang, di zaman era modren seperti ini generasi muda dituntut untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing demi menuju pintu kesuksesan sehingga mampu meningkatkan perekonomian keluarga dan itulah salah satu yang dilakoni Baikandi Ladomi Harahap warga Jalan Dewi Sartika Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan.

            Menurut penuturan Baikandi bahwa kesuksesan dari segala pekerjaannya tersebut adalah berkat bimbingan dan do’a restu dari kedua orang tuanya, “Alhamdulillah ini semua berkat bimbingan dan do’a restu dari kedua orang tua saya serta dukungan dari teman-teman”, ungkapnya, Rabu (27/9) ketika ditemui di kediamannya.

            Pria muda yang pernah menyelesaikan pendidikan di Institut Teknik Jerman Kota Darmstadt ini mengakui bahwa salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan usaha jasa percetakan itu selain do’a restu dari kedua orang tua juga kedekatan kita dengan seluruh karyawan, karyawan itu semua saya jadikan teman dan memberikan kebebasan kepada mereka untuk berkarya sehingga mampu menciptakan inovasi-inovasi yang lebih baik.

            “Kuncinya, seluruh karyawan itu kita jadikan teman dan kita beri kebebasan untuk berkarya sehingga mampu menciptakan inovasi-inovasi yang terbaik untuk kemajuan usaha ini”, terang Baikandi.

Selain mengelola percetakan, tambah Baik, dirinya juga mengelola bahan bekas di UpCycle atau di perbaharui modelnya. Seperi ban bekas yang dikelola menjadi sofa, Baju bekas yang dikelola menjadi bantal, dan Triplek bekas yang di manfaatkan menjadi sketsa poto.

"Ini contoh produk yang saat ini masih merintis demi mempekerjakan kawan kawan yang mempunyai kemampuan dalam bidang tertentu, ini untuk memotivasi generasi muda”, ujar Pria berlesung pipit ini.

Baikandi juga memberikan sejumlah tips kepada generasi muda, dalam berusaha ini yang penting kita mempunyai niat dan keinginan yang kuat, memiliki impian sukses, punya tujuan sukses, tentukan jangka waktu sukses anda, buat dan miliki startegi sukses, tingkatkan kapasitas diri, action, result atau terima hasil kenyataan, evaluasi, beri nilai, banyak bergaul dan bertanya kepada orang sukses.

Pada akhirnya ia berpesan, “Jangan izinkan diri anda menjadi gagal di usia muda, bekerjalah atau buatlah pekerjaan dan pekerjakan diri anda, berdo’a dan bertawakalah kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena apapun usaha kita jika Tuhan tidak menghendaki maka apalah daya kita sebagai makhluk yang lemah ini",ungkapnya.

Arsip Berita

Powered by mod LCA