30
Oct

Bupati Labuhanbatu Canangkan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2017

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si terlihat sedang memukul gong menandai Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2017 Di Kabupaten Labuhanbatu. 

IMG 9747RANTAUPRAPAT, ML : Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan strategi dalam meningkatkan dukungan komitmen, koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah dengan mitra kerja khususnya PKK dalam meningkatkan capaian program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), momentum ini juga dilakukan untuk mengantisipasi ledakan penduduk indonesia yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2035 mendatang dan menjadi isu utama dari Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tahun ini.

            Demikian antara lain dikatakan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Senin (30/10) dalam arahannya pada acara Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati setempat yang dihadiri Plt. Sekdakab Ahmad Muflih, SH, MM dan Unsur Forkopinda, Kepala SKPD dan para Camat se-Labuhanbatu.

            Lebih lanjut dikatakan Pangonal Harahap, bahwa Kabupaten Labuhanbatu telah mencanangkan sembilan Kampung KB yang berada di setiap Kecamatan, Kampung KB ini merupakan miniatur dari proses pembangunan yang dimulai dari pinggiran yaitu Desa/Kelurahan. “Meski namanya Kampung KB, bukan berarti tanggung jawab Dinas Pengendalian Penduduk dan KB saja, melainkan tugas kita bersama untuk bersinergi dan bekerja bersama-sama antar lintas program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kampung KB.

            Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap dalam sambutannya mengungkapkan,  Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan Oktober s/d Desember, berbagai kegiatan akan dilakukan diantaranya Penyuluhan Terpadu di sembilan Kampung KB yang dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten bersama DPPKB, Dinas Kesehatan, Dinas PMD/K dan Perangkat Daerah yang terkait lainnya.

            Kegiatan lainnya adalah Pelayanan Medis Operasi Wanita di RSUD Rantauprapat serta Pemasangan Alat Kontrasepsi IUD dan Inplant di sembilan Kecamatan, dimana keseluruhan rangkaian kegiatan ini merupakan momentum untuk meningkatkan komitmen serta dukungan masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia, sejahtera dan berkualitas.

            “Saya mengajak kepada para orang tua untuk terus berupaya menjalin komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan anak-anak kita karena keluarga adalah hal pertama dan utama dalam membentuk karakter penerus bangsa”, kata Hj. Siti Awal Pangonal Harahap diakhir sambutannya.

            Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi, M.AP dalam laporannya menjelaskan, Pelaksanaan Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 merupakan upaya untuk meningkatkan dukungan dan komitmen Gerakan PKK terhadap Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. PKK sebagai salah satu organisasi masyarakat mengambil peran dan menjadi pelaku aktif melalui kelompok Dasawisma untuk mensosialisasikan dan menyebarluaskan arti pentingnya kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan keluarga.

            Kegiatan Pencanangan yang bertemakan “Melalui Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, Mari Ciptakan kinerja Gerakan PKK Untuk Mewujudkan Keluarga Berkualitas” ini dirangkai dengan Penandatanganan MoU antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Tentang Peningkatan Peran Kader PKK Dalam Pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, kemudian Mou dengan Organisasi Perempuan Aisyiah dan Muslimat Al-Washliyah Kabupaten Labuhanbatu Tentang Peningkatan Peran Organisasi Perempuan Dalam Pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang diketahui oleh Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si.

Arsip Berita

Powered by mod LCA