03
Nov

PKK dan Kader Posyandu Lingkungan Paindoan Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

Teks Foto : Nurhelen Siregar (kanan) dan Yusnidar Tanjung (kiri), selaku pemrakarsa donor darah di Lingkungan Paindoan Kelurahan Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Labuhanbatu.

HelenRANTAUPRAPAT, ML : Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepemimpinan Hj. Siti Awal Pangonal Harahap senantiasa memanfaatkan situasi untuk memberikan pelayanan dan kesehatan kepada masyarakat, salah satu contoh misalnya seperti yang dilakukan Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) bersama kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Lingkungan Paindoan, Kelurahan Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu yaitu dengan melaksanakan  kegiatan bhakti sosial berupa donor darah.

"Kegiatan ini rutin dilakukan tiga bulan sekali, diikuti warga masyarakat sekitar", ucap Nurhelen Siregar didampingi rekannya Yusnidar Tanjung, selaku pemrakarsa donor darah dari Tim Penggerak PKK dan Kader Posyandu kepada wartawan, disela-sela pelaksanaan donor darah, Kamis (3/11) pagi.

Disebutkannya, pelaksanaan donor darah ini dilakukan bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Labuhanbatu. Pesertanya, bukan hanya warga Lingkungan Paindoan saja. Tetapi beberapa warga luar juga ikut serta.

Dalam kesempatan ini, Yusnidar Tanjung menambahkan, ada sesuatu yang istimewa pada pelaksanaan donor darah kali ini. "Salah seorang pendonor aktif, atas nama Zulkarnaein Siregar - persiunan karyawan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Bina Rantauprapat, pada hari ini merupakan donor darah yang ke seratus kali dilakukannya", jelas Yusnidar Tanjung.

Berkaitan dengan tercapainya 100 kali Zulkarnaen mendonorkan darahnya, petugas PMI Kabupaten Labuhanbatu, Mia Marpaung menyebutkan, pihaknya akan menyampaikan ini kepada pengurus. Untuk selanjutnya diusulkan kepada pengurus PMI Pusat di Jakarta, agar pendonor tersebut mendapat penghargaan langsung dari M Yusuf Kala - Wakil Presiden RI yang juga Ketua Umum PMI Pusat.

7 Manfaat Donor Darah

Salah seorang pendonor aktif, Yasmir Chaniago (60) menyebutkan, ada 7 manfaat bila kita melakukan donor darah, rutin tiga bulan sekal. Tujuh manfaat donor darah itu katanya, bisa membakar kalori dalam tubuh kita. "Kita nggak  perlu capek-capek mengangkat beban. Karena untuk setiap 450 mililiter darah yang kita donorkan, akan membakar sekitar 650 kalori dalam tubuh kita", ucapnya.

Manfaat kedua, dapat menurunkan kolesterol. Donor darah juga bermanfaat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kemudian, manfaat ketiga, dengan mendonorkan darah dapat meningkatkan produksi darah secara teratur. Dengan mendonorkan darah,  akan membantu merangsang produksi sel-sel darah baru yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Selanjutnya, manfaat keempat dapat mengurangi resiko penyakit jantung, Dengan mendonorkan darah secara rutin, pembaharuan sel darah akan meningkatkan zat besi dalam tubuh. Awhingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Sedangkan manfaat kelima lanjutnya, dapat menurunkan resiko terkena kanker Dengan menjadi pendonor darah, dapat mengurangi resiko terkena kanker. Diantaranya kanker hati, usus besar, tenggorokan, perut dan kanker paru-paru. Yang jeenam, mendonorkan darah secara rutin, itu artinya kita melakukan pemeriksaan (chek up) secara gratis. 

"Kita tidak perlu mengeluarkan biaya pemeriksaan kesehatan. Karena dengan menjadi pendonor darah, kesehatan kita akan tetap terkontrol, Setiap pendonor darah, harus melalui serangkaian tes (pemeriksaan) dan tidak akan diterima menjadi pendonor, bila tubuh kita berada dalam kondisi kesehatan yang tidak fit Itidah sehat", tegas Yasmir Chaniago.

Terakhir, manfaat ke tujuh dari mendonorkan darah, yaitu pikiran kita relatif lebih stabil dan bahagia. Dengan mendonorkan darah, pikiran lebih sehat dan bahagia. Karena menyadari bahwa kita telah membantu orang lain dan menyelamatkan banyak nyawa manusia.  

Arsip Berita

Powered by mod LCA