04
Nov

Bupati Labuhanbatu Terima Buku Patuan Na Lobi Ritonga Dari Ketua Umum PB PRDB

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si ketika menerima cenderamata dari Ketua Umum PB Parsadaan Ritonga Dohot Boruna dalam acara Pelantingan Pengurus Cabang PRDB Kabupaten Labuhanbatu di Gedung Nasional Rantauprapat.

PRDBRANTAUPRAPAT, ML : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si dalam acara Pelantikan Pengurus Cabang Parsadaan Ritonga Dohot Boruna Kabupaten Labuhanbatu Periode 2017 – 2022, Sabtu (4/11) telah menerima Buku Patuan Na Lobi Ritonga Menentang Penjajahan Belanda dari Ketua Umum Pengurus Besar PRDB H Hasban Ritonga SH di Gedung Nasional Rantauparapat.

            Dalam kesempatan itu Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si mengucapkan terima kasih atas pemberian buku sejarah perjuangan Patuan Na Lobi Ritonga dalam menentang penjajahan belanda dan mengucapkan selamat kepada para pengurus Parsadaan Ritonga Dohot Boruna (PRDB) Kabupaten Labuhanbatu Periode 2017-2022 semoga dapat mengemban amanah yang telah diberikan.

            “Ritonga ini yakin dan benar kita bahwa Ritonga adalah Parholong, Ritonga ini bermuasal dari pada Siregar, kalau ditempat kami Siregar ini adalah Ritonga, sebetulnya kalau diadat Siregar ini adalah anak boru kami, karena cantik-cantiknya Siregar atau Ritonga ini maka kami yang Harahap ini menjadi anak boru, kalau di Padang Bolak Harahapnya raja itu dan Siregar anak boru”, kata Pangonal Harahap.

            Pada kesempatan ini saya selaku anak boru dan juga Bupati Labuhanbatu mengucapkan selamat kepada mora-mora dan tunggane saya yang dikukuhkan oleh Ketua Umum PB PRDB, saya sangat bangga karena terbentuknya di daerah ini Ritonga, ini merupakan suatu silaturrahmi yang perlu ditingkatkan sebab Parsadaan ini kan tidak mengharapkan sesuatu, ini hanya mengharapkan suatu silaturrahmi serta kekompakan yang markahanggi.

            Ketua Umum PB PRDB H Hasban Ritonga, SH dalam pidatonya mengatakan, Parsadaan Ritonga kita ini adalah organisasi kekeluargaan, kekerabatan ataupun paguyuban, tentu sebagai organisasi kekeluargaan yang sudah memiliki struktur berjenjang, maka proses pelantikan pengurus yang baru saja kita lakukan adalah sebuah proses memang yang sangat penting, sangat urgen dan sangat sakral untuk kita lakukan, bahkan kalau prinsif organisasi mengatakan legalitasnya kepengurusan itu adalah setelah adanya proses pelantikan.PRDB 1

            Menurut Hasban Ritonga, Pelantikan ini bukan saja kita lihat dari legalitasnya, sakralitasnya tapi jauh lebih dalam dari itu, sungguh siang hari ini telah terjadi proses silaturrahim yang begitu sangat luar biasa karena yang berkumpul disini tidak saja dari Labuhanbatu akan tetapi ada juga yang datang dari Kabupaten/Kota yang lain, inilah organisasi kekerabatan itu yang harus kita pertahankan.

            Dijelaskannya, Organisasi Parsadaan Ritonga ini digagasi oleh komite tarombo, makanya organisasi Parsadaan kekeluargaan Ritonga ini sebenarnya adalah organisasi yang usianya sudah sangat tua, duluan organisasi ini lahir dari pada republik ini merdeka, artinya sudah resmi ada organisasi ini pada tahun 1936 yang lalu dan ada surat pengesahannya dari panitia tarombo tadi oleh belanda, jelas Hasban Ritonga.

            Sementara, Drs. Ismail Ritonga, MM Ketua Cabang PRDB Labuhanbatu Periode 2017-2022 dalam sambutannya menyebutkan, “Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh”, melalui Parsadaan Ritonga Dohot Boruna semoga Allah memberikan taufiq dan inayah-Nya kepada kita semua.

            Atas nama pengurus yang baru dilantik izinkan kami mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada Bupati Labuhanbatu yang telah memberikan do’a dan restu beserta ibu atas terlaksananya acara pelantikan ini, dan kepada PB PRDB juga kami ucapkan terima kasih yang telah mencanangkan “Ritonga Parholong”, hari ini Pengurus Cabang Labuhanbatu mencanangkan “Holong Mangalap Holong”.

            Sedangkan H Irianto Sotarduga Ritonga selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan ini adalah dalam rangka pelantikan pengurus cabang Parsadaan Ritonga Dohot Boruna (PRDB) Kabupaten Labuhanbatu periode 2017 -2022, adapun susunan kepengurusan ini terdiri dari Dewan Pelindung ada 7 orang, Dewan Pembina sekaligus Penasehat itu ada 24 orang, kemudian struktur kepengurusan terdiri dari Ketua Umum 9 orang, Sekretaris 2 orang, Bendahara 4 orang dan Pengurus Seksi-Seksi, jelasnya singkat.

            Para Pengurus Parsadaan Ritonga Dohot Boruna Kabupaten Labuhanbatu Periode 2017-2022 yang dilantik oleh Ketua Umum PB PRDB H Hasban Ritonga, SH antara lain Ketua Drs. Ismail Ritonga, MM, Sekretaris Drs. Hopner Ritonga, MM dan Bendahara Drs.  Sarimpunan Ritonga, M.Pd.

Arsip Berita

Powered by mod LCA