13
Nov

HKN Di Rantauprapat, Bupati Labuhanbatu Lantik Dokter Kecil

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si bersama Unsur Forkopinda, Plt, Sekdakab Labuhanbatu dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten serta Kadis Kesehatan Labuhanbatu Tinur Bulan, SKM, M.Kes saat diabadikan dengan para dokter kecil. 

Dokter KecilRANTAUPRAPAT, ML : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si pada Upacara Hari Kesehatan Nasional Ke-53 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu tahun 2017 telah melantik puluhan dokter kecil yang ditandai dengan pembacaan ikrar dokter kecil oleh Adnan Perdana Siswa Kelas III SDN 112146 Pondok Ladang Janji Kecamatan Bilah Barat.

            Pelantikan dokter kecil yang dilaksanakan Bupati Labuhanbatu tersebut berlangsung, Senin (13/11) pagi di Lapangan Ikabina Rantauprapat dalam rangka Upacara Hari Kesehatan Nasional Ke- 53 Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017 yang dihadiri Unsur Forkopinda, Plt. Sekdakab dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu serta Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Tinur Bulan, SKM, M.Kes.

            Dalam kesempatan itu Bupati Labuhanbatu menyampaikan dan membacakan amanat tertulis Menteri Kesehatan RI Prof.DR.dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) yang mengatakan, Peringatan Hari Kesehatan Nasional saat ini merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat kita semua agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan.

            “Mari kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam mencapai derajat kesehatan”, ungkapnya.

            Lebih lanjutdisebutkannya, Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai undang-undang nomor 36 tahun 2009, program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga.

            Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke- 53 Tahun 2017 yang bertemakan “ Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku” ini mengingatkan bahwa, Permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. Ini harus segera diselesaikan jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang.

            Beliau juga menyebutkan, Puskesmas dan Tenaga Kesehatan didalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan keluarga. Anggaran yang disipakan oleh Pemeriuntah cukup besar, sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan tersebut dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

            Dalam rangkaian upacara Hari Kesehatan Nasional tersebut pihak Dinas Kesehatan Labuhanbatu juga menyiapkan berbagai hadiah perlombaan yang pada kesempatan itu langsung diserahkan Bupati Labuhanbatu didampingi Kadis Kesehatan Tinur Bulan, SKM, M.Kes. kepada para pemenang/juara.

Arsip Berita

Powered by mod LCA