20
Dec

Dinas Lingkungan Hidup Sosialisasikan Lingkungan Bersih dan Sehat

Teks Foto : Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu Lydia Berliana Purba, SKM.

IMG 6616RANTAUPRAPAT, ML : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran pada diri individu di dalam keluarga maupun di masyarakat, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di lingkungannya.

            Demikian antara lain dikatakan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu Lydia Berliana Purba, SKM, Rabu (20/12) melalui seluler kepada media ini.

            Kata Lydia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu mulai tanggal 19 s/d 22 Desember 2017 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Lingkungan Bersih dan Sehat di lima kecamatan dalam wilayah Kabupaten Labuhanbatu dan kelima kecamatan itu yakni Kecamatan Panai Hulu, Panai Hilir, Pangkatan, Bilah Hulu dan Kecamatan rantau Selatan.

            Dimana para peserta ytang mengikuti rangklaian kegiatan sosialisasi Lingkungan Bersih dan Sehat ini adalah para pegawai kecamatan, pegawai kelurahan dan perangkat desa, Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kelurahan/desa, Dasa Wisma, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna, Perwiritan, Warga Masyarakat dan sekolah serta ibu-ibu Rumah Tangga.

            Lebih jauh Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini menjelaskan, bahwa dalam kegiatan sosialisasi di lima kecamatan ini  sebagai nara sumber adalah Samsimah Harahap Direktur Bank Sampah Air Bersih dan Elma, SKM dari Dinas Kesehatan Labuhanbatu.

            Dalam sosialisasi Lingkungan Bersih dan Sehat tersebut materi yang disajikan adalah, Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, kemudian Prinsip dan Manfaat Bank Sampah dan yang ketiga adalah Stop BAB Sembarangan.

            Lydia Berliana Purba juga mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk Meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, kemudian untuk Memotivasi masyarakat dalam melakukan 3 R (Reduce, Reuse dan Recyle), selanjutnya untuk Memotivasi masyarakat Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) serta bertujuan untuk Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berprilaku hidup bersih dan sehat.

            Menurut Lydia Berliana Purba, kegiatan sosialisasi ini juga tujuannya untuk mendukung Program Jum’at Bersih, Program PKK di bidang lingkungan hidup guna mewujudkan visi bapak Bupati Labuhanbatu “Satu Tekad Bersama Rakyat Menuju Sejahtera, Labuhanbatu Semakin Hebat Lebih Berdaya” dan hasil yang kita harapkan dari kegiatan sosialisasi ini adalah pertama, Masyarakat lebih memahami tanggung jawab terhadap lingkungan hidup, kedua, Masyarakat lebih tahu dan termotivasi untuk membentuk Bank Sampah dan yang ketiga, Masyarakat mengetahui Stop BABS di Desa/Kelurahan.

Arsip Berita

Powered by mod LCA