Visi Misi 2010 - 2015

Oleh: dr H Tigor P. Siregar SpPD dan Suhari Pane SIP

  • 1Visi Pembangunan Labuhanbatu Kami merumuskan Visi Pembangunan Labuhanbtu lima tahun kedepan adalah “Labuhanbatu Mandiri 2015 menuju “Labuhanbatu Sejahterah 2020”. Mandiri adalah suatu tataan kehidupan masyarakat yang ditandai dengan suatu kondisi di mana masyarakat berkemampuan untuk memenuhi lima komponen dasar berupa terpenuhinya kebutuhan hidup dasar manusia yakni pangan,sandang papan,pendidikan dan kesehatan Kesejahteraan masyarakat di tandai oleh semakin meningkatnya kualitas kehidupan yang layak dan bermartabat serta memberikan perhatian utama pada terpenuhinya kebutuhan dasar pokok manusia yang meliputi pangan ,papan, sandang,kesehatan, pendidikan dan lapangan kerja ,yang didukung oleh infrastruktur sosial budaya ekonomi yang memadai. Peningkatan kualitas kehidupan ini akan lebih difokuskan ada upaya pengentsan masyarakat miskin sehingga secara simultan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Kemajuan –kemajuan yang ingin kita raih, tidak hanya sekedar kemajuan dibidang fisik dan ekonomi saja , akan tetapi kita berupaya keras pula untuk dapat meraih kemajuan –kemajuan pada dimensi mental – Spritual (berahklakul karimah ), keagamaan, kebudayuaan dan non fisik,agar kehidupan masyarakat benar-benar sejahtera lahir dan batin.
  • 2Misi Pembangunan Labuhanbatu dalam rangka mewujudkan visi pembangunan tersebut,maka ditetapkanlah misi pembangunan sebagai berikut :
    Menyelenggarakan Pemerintahan yang efesien,efektif,bersih dan demokratis dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat secara optimal yaitu:
    • 1Meningkatkan kecerdasasan dan kualitas sumber daya kmanusia /SDM yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,melalui pelayanan pendidikanyang merata dan berkualitas.
    • 2Meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu ,terjangkau dan brkeadilan serta memperdayakan masyarakat dan keluarga untuk mendorong tumbuhnyaparadigma hidup sehat , termasuk pengobatan gratis ,bagi keluarga yang kurag mampu.
    • 3Meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat dengan mendorong secara sungguh-sunguh sentra-sentra ekonomi rakyat utamanyaperkebunan, pertanian,industri,perdagangan dan jasa yang brwawasan lingkungan ,lembaga keuangan dan dan koperasi, yang didukung oleh infrastruktur yang mememadai.
    • 4Meningkatkan pelaksanaan penegakan hokum yang berorientasi pada pemberantasan Kolusi, Korupsi, dan Nevotisme menuju terciptanya Good Governance.
    • 5Melakukan revitalisasi bidang pertanian dalam rangka penigkatan pendapatan masyarakat.
    • 6Meningkatkan sumber-sumber pendanaan dan ketepatan alokasi investasi pembangunan melalui penciptaan iklim kondusif untuk pengembangan usaha dan penciptaan lapangan kerja ;
    • 7Pemerataan pembangunan dan hasilnya,serta pengembangan kawasan,baik untuk pengembangan wilayah maupun kebutuhan investasi;
    • 8mengembangkan paham kebangsaan dan mendorong berkembangnya kehidupan beragama guna mewujudkan rasa aman dan ketentraman masyarakat.
    • 9Memperbaiki dan menyempurnakan kelemahan dan kekurangan yang terjadi penyelenggaraan pemerintahan yang lalu (Ika Bina En Pabolo).