Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Peringati Hari Kartini, Dinas PPKB Kabupaten Labuhanbatu Berikan Layanan KB Gratis

kartini1Labuhanbatu
 
Memperingati hari Kartini, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten  (DPPKB) Labuhanbatu  bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan PKK Kabupaten Labuhanbatu menyelenggarakan pelayanan KB gratis serentak untuk seluruh masyarakat Labuhanbatu disetiap Puskesmas se-Kabupaten Labuhanbatu. Rabu (21/4/2021),
 
kartini2Dipimpin langsung oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Sutiar Ningsih, S.Pi, beserta tim pelayanan yang terdiri dari Dinas P2KB dan Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu meninjau lokasi dilaksanakannya pemasangan KB yakni di Puskesmas Sigambal, Praktik Bidan Kelurahan Perdamaian dan Puskesmas Lingga Tiga Kecamatan Bilahulu.
 
Pj Ketua TP PKK Labuhanbatu pada kesempatan itu menyebutkan bahwa pertumbuhan penduduk yang sekarang ini mulai merangkak naik. Untuk itu, perlu diimbangi dengan cara pengendalian laju pertumbuhannya, sehingga bisa seimbang dengan program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Dari itu saya berpesan untuk seluruh masyarakat Labuhanbatu untuk mendukung dan mensukseskan pelayana KB serentak dan pelayanan Iva test dikabupaten labuhanbatu" sebutnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas PPKB Labuhanbatu Lidyawati Harahap S.Psi. MAP, melalui Kepala bidang pengendalian penduduk Nurheti Lumban Tobing, SKM, menjelaskan ada 328 implan, 43 IUD, 638 Pil dan 213 suntik KB yang menjadi target capaian pelayanan KB serentak pada hari ini hingga selesai, yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik kepada masyarakat. “Program KB selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak. Diharapkan juga dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga, sehingga terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya,” jelasnya.
Terakhir, ia berharap, semoga partisipasi kepesertaan masyarakat menggunakan KB di Labuhanbatu ini meningkat. Sebab hal itu menandakan bahwa kesadaran masyarakat tentang perencanaan KB semakin membaik.
 
Dilokasi yang sama juga dihadiri Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Friska S Simanjuntak SKM, para Kepala Puskesmas, para tenaga medis, ibu-ibu PKK, Ny. Sutiar Ningsih Mulyadi Simatupang, S.Pi, MSI, melihat langsung kondisi peserta implan pasca pemasangan.