Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Pemkab Labuhanbatu Ajak Senyum Sehat Dihari HKGN 2022

4D78D62E 38B6 434F B7CC D54F41D29CE6Labuhanbatu,

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu mengajak seluruh masyarakat untuk senyum sehat bersama di Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022 yang digelar di Lapangan SDN 01, SDN 10 dan SDN 18 Rantauprapat jalan Wr.Supratman Kecamatan Rantau Utara Senin 12 September 2022.

 

Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, mengatakan tingginya masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terjadi karena banyaknya masyarakat yang belum paham akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, kurangnya sosialisasi, edukasi dan penyuluhan pada masyarakat menjadi kendala dalam memahami kesehatan gigi dan mulut.Salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat adalah dengan edukasi serta penyuluhan terutama pada anak sekolah dasar.

Melalui peringatan HKGN diharapkan menjadi hari untuk mengajak masyarakat agar bersatu membantu menurunkan angka kesakitan gigi dan mulut yang mempengaruhi kesehatan individu. " Ayo tunjukkan senyum sehat dengan gigi yang kuat", Pungkas Bupati. 

Ketua PDGI cabang Labuhanbatu drg.Edi Martua Nasution menyebutkan kegiatan hari ini melibatkan 1200 siswa-siswi dari SD 10,01 dan 18 Rantauprapat yang bertujuan agar anak 12 tahun bebas gigi berlubang, "mari kita bolo senyum anak Labuhanbatu, pulih bersama senyum sehat Indonesia" himbaunya.

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan instruksi kementrian kesehatan RI dan PB PDGI perihal peringatan HKGN tahun 2022, yang mana PDGI cabang Labuhanbatu akan melakukan edukasi berupa penyuluhan dan sikat gigi bersama.ujar Edi.

Kegiatan yang diikuti ribuan murid SD tersebut diisi dengan sikat gigi bersama menurut tata cara menyikat gigi yang benar sesuai petunjuk dokter gigi Indonesia, yakni menyikat gigi bagian depan dari atas kebawa, kemudian kesisi samping kiri dan kanan dengan bentuk memutar bulat-bulat begitu juga bagian dalam dan lidah selama 2,5 menit.

Hadir mengikuti rangkaian acara tersebut, mewakili Kapolres Labuhanbatu Iptu Citra Yani br.Barus SH.MH, perwakilan kejaksaan negeri Rantauprapat Yuli Veranika Devari , mewakili Dandim 0209/lb Pjs Pasiter Letda Mahyudin Siregar , Kepala Dinas Kesehatan H.Kamal Ilham SKM,MM, Plt Kadiskominfo Ahmad Fadly Rangkuti,ST.M.Kom, Plt Kadisdik Asrol Azis Lubis SE,MAP, Dirud RSUD Rantauprapat dr Syafil M.Harahap, S.Pb, para Kapus, dokter yang tergabung dalam PDGI, Korwil Pendidikan Rantau Utara, kepala sekolah serta tenaga didik SD 01,10 dan 18.