Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Baznas Labuhanbatu Laksanakan Sosialisasi, Evaluasi Serta Optimalisasi Zakat Dan Infaq

Teks Foto : Plt. Bupati Labuhanbatu bersama Sekdakab dan Ketua MUI ketika menghadiri acara Sosialisasi, Evaluasi dan Optimalisasi Baznas Kabupaten Labuhanbatu.

IMG 5630RANTAUPRAPAT, ML : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan sosialisasi, evaluasi serta optimalisasi zakat dan infaq yang berlangsung di ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Kamis (27/12/2018). Dengan terlaksananya acara ini, diharapkan penerimaan zakat dan infag akan meningkat pada tahun yang akan datang.

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dalam kesempatanya menyampaikan bahwa tahun ini Pemkab telah mengalokasikan dana hibah dengan jumlah yang cukup besar, dirinya berharap agar dana tersebut tidak digunakan untuk biaya operasional Baznas.

"Semoga Baznas ini kedepan menjadi salah satu tulang punggung dari pada umat kita ini, yang dapat sedikit menuntaskan kemiskinan, saya yakin kedepan Baznas ini akan lebih maju dan transparan, saya tidak mengiginkan satu rupiah pun ada penyelewengan di dalam uang umat ini," ungkap Andi. 

Lebih lanjut Andi menginginkan kedepan Baznas dapat memberikan program-program yang baru, contohnya memberikan modal usaha untuk berdagang lalu di tempat tersebut kita letakkan plang agar masyarakat tau bahwa itu adalah bantuan dari Baznas Labuhanbatu, 

"Lebih baik kita mengurangi kemiskinan sedikit demi sedikit, dari pada bantuan tersebut nantinya menjadi tidak terarah, ini sudah konfirmasi saya kepada Baznas, Alhamdulilah Baznas menyambut baik hal tersebut," ujarnya. 

Terakhir Plt Bupati menghimbau kepada OPD yang belum membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kiranya agar segera membentuk, serta jangan ada fikiran uang ini penyalurannya tidak jelas, beliau juga minta ke Baznas agar penyaluran ini dipantau langsung oleh Baznas itu sendiri agar tepat sasaran.

Sementara itu Ketua Baznas Labuhanbatu Erwin Siregar SH,  mengatakan, tujuan acara ini adalah untuk menyebarluaskan keberadaan Baznas sebagai lembaga Pemerintah non struktural yang bertugas  mengelola zakat, sekaligus menginformasikan masalah zakat kepada seluruh ASN serta mendorong agar membayar zakat melalui Baznas Labuhanbatu.

"Dengan evaluasi zakat yang dilaksanakan pada hari ini kita dapat mengetahui masalah yang dihadapi untuk dicari solusinya, untuk peserta rapat ini terdiri dari para OPD, instansi vertikal,BUMN,BUMD,  Camat dan Kabag, Kepala Sekolah yang merupakn UPZ yang berjumlah berkisar 80 orang," sebut Erwin. 

Menurutnya, cara ini sangat penting dan strategis dalam rangka optimalisasi pengumpulan zakat, bahwa Baznas Labuhanbatu akan berupaya dan melaksanakan ketentuan sesuai dengan syari'at islam. Untuk realisasi penerimaan zakat periode Januari  hingga November 2018 berkisar Rp.1.923.191.639,- termasuk saldo penerimaan di tahun 2017.

Adapun program-program untuk menigkatkan kemanfaatan zakat yang meliputi, program ekonomi Labuhanbatu makmur memberikan bantuan moral bergulir tanpa bunga terhadap 270 KK, bantuan ini bersifat produktif dengan dana berkisar Rp.1.100.000.000,-, .

kemudian bantuan program kemanusiaan Labuhanbatu peduli memberikan bantuan terhadap lebih kurang 3.600 fakir miskin, dan program pendidikan Labuhanbatu cerdas memberikan bantuan peralatan sekolah dan beasiswa terhadap siswa miskin, serta program dakwah Labuhanbatu taqwa akan diberikan bantuan kepada para Da'i, jelas Erwin Siregar.

Pada kesempatan itu, Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM meminta kepada para Kepala OPD dan Camat se-Labuhanbatu untuk mendata ulang PNS yang muslim di OPD atau Kecamatan masing-masing, kemudian kalkulasi penghasilan PNS baik dari gaji maupun diluar gaji untuk membayar zakat, bagi yang tidak cukup berzakat Kepala OPD supaya menghimbau PNS untuk ber-infaq, selanjutnya Kepala OPD agar membuat surat pernyataan untuk PNS dilingkungan kerjanya.

            Dalam acara sosialisasi, evaluasi dan optimalisasi Baznas ini diisi dengan ceramah tentang Zakat dan Infaq yang disampaikan oleh Ketua MUI Labuhanbatu H. Muhammad Darwis, LC. Kemudian diakhir acara tersebut Baznas Kabupaten Labuhanbatu menghimbau kepada seluruh ummat islam yang mau menyalurkan Zakat atau Infaqnya dipersilahkan melalui Nomor Rekening Baznas Kabupaten Labuhanbatu di Bank Sumut dengan Rekening Zakat 210.0104.00.1627.0 dan  Rekening Infaq 210. 0104.00.0032-3 serta melalui Bank Syariah Mandiri di Rekening Zakat 711.741.368-8 dan Rekening Infaq 712.481.463-9.