Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Korban Pasca Bencana Banjir Di Kecamatan Pangkatan dan Bilah Hilir Dapat Bantuan Dari Gubsu

Teks Foto : Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe saat menyerahkan bantuan beras kepada salah seorang korban pasca bencana banjir di wilayah Kecamatan Pangkatan.

IMG 9277PANGKATAN, ML : Sebanyak 5.440 Kepala Keluarga (KK) korban pasca bencana banjir yang terjadi pada bulan Desember 2018 lalu di wilayah Kecamatan Pangkatan dan Kecamatan Bilah Hilir telah menerima bantuan dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Sabtu (30/3/2019) di Halaman Kantor Camat Pangkatan yang diserahkan oleh Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Ir. Mega Hadi dari BPBD Sumut, Dandim 0209/LB, Sekdakab, Kepala BPBD Labuhanbatu, Camat Pangkatan dan Camat Bilah Hilir.

            Menurut Laporan Camat Pangkatan Chairuddin Nasution, bahwa bantuan dari Gubsu yang diserahkan kepada 5.440 KK di dua wilayah kecamatan ini adalah untuk Kecamatan Pangkatan, warga masyarakat korban bencana banjir yang menerima sebanyak 1.315 KK berasal dari 4 Desa, yaitu Desa Pangkatan, Desa Sennah, Desa Kampung Padang dan Desa Tanjung Harapan.

Sedangkan untuk Kecamatan Bilah Hilir, bantuan tersebut diserahkan kepada 4.125 KK yang berdomisili di 2 Kelurahan dan 6 Desa, yaitu Kelurahan Negeri Lama dan Negeri Baru, kemudian yang berada di Desa Sidomulyo, Desa Sei Tampang, Desa Negeri Lama Seberang, Desa Kampung Bilah, Desa Perkebunan Negeri Lama dan Desa Perkebunan Sennah, kata Chairuddin didampingi Bangun Siregar Camat Bilah Hilir.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili Kabid Darurat, Logistik dan Peralatan BPBD Sumatera Utara Ir. Mega Hadi dalam sambutannya mengatakan, beahwa bencana tidak bisa kita elakkan dan kita tawar-tawar kalau dia terjadi, tapi bagaimana sikap kita untuk mengantisipasinya, kita tidak bisa mengelak kalau Allah SWT memberikan takdir sama kita, tapi bagaimana kita menyikapinya.

Itulah gunanya para SKPD yang memimpin kita di Kabupaten ini yaitu untuk mengantisipasinya, salah satu memberi bantuan kepada kita, kemudian memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak supaya bencana yang terjadi minimal atau diperkecil kerugian-kerugian kepada masyarakat, kata Mega Hadi.

            Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe dalam kesempatan itu mengatakan, inilah langkah yang kita lakukan, dimana yang kemarin masih teringat dalam pikiran kita bahwasanya masyarakat/warga saya mendapatkan musibah, bahkan ada nyawa yang hilang pada musibah banjir hari itu, kita sudah melakukan suatu kegiatan dan keinginan kiranya Provinsi dapat memberikan perhatian kepada kita yang saat itu terkena musibah.

            Hari itu kita memberi bantuan dan saat ini juga kita melakukan hal yang sama dan total bantuan pada hari itu beras sebanyak 72 ton dan mie instan ratusan kotak, itulah langkah awal kita dimana masyarakat yang tertimpa musibah kita juga ikut merasakannya, Alhamdulillah hari ini kita memberikan kepada masyarakat, baik masyarakat Pangkatan maupun masyarakat Bilah Hilir sebanyak 54 ton, ini sangat luar biasa, kata Andi Suhaimi.

            Lebih lanjut Andi Suhaimi mengatakan, kepada masyarakat dan saudara saya, kiranya bantuan ini nanti dapat bermanfaat, jangan dilihat dari harganya, tapi inilah keseriusan kami Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bisa mengurangi beban musibah-musibah yang dialami masyarakat kami.

            Alhamdulillah mungkin tidak lama lagi jembatan rambin akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebanyak 2 unit yang nantinya terletak di Kecamatan Bilah Barat dan Kecamatan Pangkatan, bantuan dari pemerintah ini semuanya untuk memenuhi masyarakat, jelas Andi Suhaimi.

  1. H. Yunus Rambe selaku Tokoh Masyarakat didaerah itu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara khususnya Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang telah begitu peduli dan perhatian sekali kepada warga masyarakat yang terkena musibah di daerah Kecamatan Pangkatan dan Bilah Hilir.

            “Dengan perhatian yang sangat baik dari bapak Plt. Bupati Labuhanbatu kepada masyarakat Pangkatan dan Bilah Hilir, ini adalah merupakan terobosan baru, karena umur saya sudah 55 tahun belum pernah mendapat bantuan dua kali seperti ini, semua ini adalah berkat perjuangan bapak Plt. Bupati Labuhanbatu, artinya disamping kami mengucapkan terima kasih marilah kita dukung program beliau,” kata Yunus Rambe.

Dari pantauan dilapangan, bahwa bantuan beras yang diserahkan kepada korban pasca bencana banjir di 2 Kelurahan dan 10 Desa tersebut, masing-masing setiap kepala keluarga mendapat bantuan 10 Kg beras jenis IR 64.