Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Ribuan Masyarakat Kecamatan Bilah Hilir Meriahkan Gebyar Tahun Baru Islam di Negeri Lama

Teks Foto : Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM saat melepas peserta pawai ta’aruf dalam rangka memeriahkan Gebyar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H di Lapangan H Surti Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir.

IMG 0522NEGERI LAMA, ML : Sekitar 4000-an warga masyarakat Kecamatan Bilah Hilir turun ke jalan untuk mengikuti kegiatan pawai ta’aruf dalam rangka memeriahkan gebyar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, Minggu (1/9/2019) di Negeri Lama yang dilepas oleh Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM didampingi Asisten Administrasi Umum Setdakab dan sejumlah Kepala OPD, Ketua FKUB Labuhanbatu  serta Camat Bilah Hilir Bangun Siregar, S.Pd.

            Kegiatan pawai ta’aruf yang menempuh perjalanan lebih kurang 1 kilometer dari Lapangan H. Surti menuju Halaman Masjid Raya Sultan Adil Bidar Alamsyah Negeri Lama tersebut diikuti anak-anak sekolah PAUD/TK, SD/MIN, SMP/MTs, SMA/MAN, para Guru dan PNS serta organisasi kemasyarakatan yang diiringi dengan karnaval Sepeda Hias oleh anak-anak PAUD/TK dan anak-anak sekolah dasar dengan mengenakan busana muslim.

            Selanjutnya, dalam acara Gebyar Tahun Baru Islam 1441 H yang berlangsung di Halaman Masjid Raya Sultan Adil Bidar Alamsyah Negeri Lama, Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM mengatakan dan menyampaikan permohonan maaf bapak Plt. Bupati Labuhanbatu yang tidak dapat hadir mengikuti kegiatan ini, mengingat adanya kegiatan yang sama di Kecamatan Rantau Selatan dan Rantau Utara.

            Dijelaskan Sekdakab Ahmad Muflih, SH, MM, bahwa Sabtu (31/8/2019) kemarin acara peringatan Tahun Baru Islam untuk Tingkat Kabupaten juga telah dilaksanakan, yang dimulai dengan kegiatan pawai ta’aruf dari lapangan ika bina dimana peserta pawai bergerak disepanjang jalan Jendral Sudirman menuju Jalan Dipanegoro dan Ahmad Dahlan lebih kurang sepanjang 2 km yg kemudian dilanjutkan pada malam harinya kegiatan tabliqh akbar dgn mengundang penceramah lulusan luar negeri.

           

            Menurut Ahmad Muflih, Hijriah tidak dimaknai secara seremonial aja tapi hakekatnya untuk menjadi lebih baik, tetapi tidak perlu menunggu 1 tahun. Setiap hari kita harus menjadi lebih baik, insya Allah pada tahun-tahun mendatang kita menggerakkan semua kekuatan umat islam di setiap kecamatan untuk memperingati tahun baru islam. Kami berharap tahun depan akan lebih besar di Kecamatan Bilah Hilir. Hal ini untuk menunjukkan bahwa islam itu sangat eksis.

Pemkab sangat memperhatikan islam dengan memberikan beasiswa ke luar negeri untuk pendidikan islam tadi malam ada yg diberikan beasiswa 1orang ke yaman dan 5 orang ke kairo mesir. Disamping itu Pemerintah Kabupaten juga menyediakan beasiswa/dana pendidikan untuk pendidikan lulusan tingkat SLTA bagi putera/puteri Labuhanbatu yang memasuki Perguruan Tinggi Negeri dan beasiswa mahasiswa berprestasi untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Kemudian Pemkab juga mendukung berdirinya rumah tahfiz untuk itu kami berharap agar di setiap kecamatan berupaya mendirikan rumah tahfiz, kata Ahmad Muflih.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu, diwakili Ketua K3RA (Kelompok Kerja Raudhatul Athfal) Hj. Ifroh, M.AP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan mengharapkan Kecamatan Bilah Hilir ini menjadi contoh Kecamatan Terbaik dalam keislaman.

Pada kesempatan itu Ifroh mengajak agar kita lebih hijrah dalam meningkatkan zakat dan lebih hijrah dalam mengontrol anak-anak, jangan biarkan anak-anak kita larut dalam medsos, anak-anak adalah harapan masa depan, untuk itu cikal bakal anak kita kedepan, mari kita bangun rumah tahfiz, “harus ada hafiz yang bisa diandalkan di Kecamatan Bilah Hilir ini”, kata Ifroh.

Camat Bilah Hilir Bangun Siregar, S.Pd dalam sambutannya mengatakan, gebyar ini untuk menanamkan dalam hati masyarakat dan generasi muda untuk lebih mencintai agama islam dengan satu harapan agar acara ini tiap tahun dilaksanakan yang merupakan agenda tahunan dan mendapat simpatik dari masyarakat.

Menurut H Muhammad Daim Ritonga atas nama panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat koodinasi yang baik antara semua pihak dan dalam kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba mewarnai yang diikuti oleh peserta dari Tingkat RA, SD, SLTP dan SLTA.

Pada kesempatan itu panitia telah menghimbau para peserta lomba untuk senantiasa menjaga sportifitas dalam bertanding dan tetap menerima hasil atau keputusan juri dengan lapang dada, kata Korwilcam Dinas Pendidikan Kecamatan Bilah Hilir ini.