Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bupati Labuhanbatu Hadiri Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Cluster II Tahun 2019

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT saat menerima cenderamata dari Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa Muhammad Nurdin.

IMG 8766PANAI HULU, ML : Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT bersama Ketua Inovasi Kabupaten Zaid Harahap, S.Sos, MM menghadiri kegiatan pelaksanaan bursa inovasi desa cluster II tahun 2019 di Kantor KPLP Syah Bandar Desa Tanjung Sarang Elang Kecamatan Panai Hulu, Kamis (10/10/2019) yang bertemakan “ Inovasi Desa Menuju Labuhanbatu Unggul”.

            Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam keterangannya kepada Tim Jurnalis Dinas Kominfo Labuhanbatu menjelaskan, Bursa Inovasi Desa Cluster II, dimana yang ke-II ini diikuti 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Panai Hilir, Panai Hulu, Panai Tengah dan Bilah Hilir.

            Bursa Inovasi ini saya rasa adalah suatu kewajiban buat kita yang ingin kedepan, baik itu desa, lingkungan, kelurahan maupun kecamatan itu maunya bisa lebih baik lagi kedepan, tanpa inovasi kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa persaingan-persaingan yang sangat sangat luar biasa, tahun ini saya menginginkan inovasi ini terbit dan membawa nama baik  di Kabupaten Labuhanbatu dan bisa go di bangsa ini.

            “Saya mengingkan kedepan provinsi desa-desa yang lain diluar Sumatera atau diluar Kabupaten Labuhanbatu bisa berkunjung ke Labuhanbatu dan melihat ada suatu inovasi yang kita banggakan di Labuhanbatu ini,” jelas Andi Suhaimi.

            Disinggung masalah persiapan Pemkab Labuhanbatu mengembangkan hasil dari inovasi masyarakat di desa, Andi Suhaimi menjelaskan, saya sudah sedikit  berinovasi, salah satu yang tadi saya sampaikan, panen padi tahun yang lalu 1 kali setahun, kini sudah panen kedua dan hari ini juga sudah pematangan lahan, insya Alalh nanti 2 tahun itu bisa 5 kali panen padi yang ada di Desa selat Beting.

            Sama-sama kita ketahui Pemerintah terus berbuat dan biayanya itu semua dari Pemkab berkolaborasi dengan Pertanian, Litbang, ada Kominfo dan memang bisa membuat yang terbaik, kita buat asuransi di tanah tersebut, kalau gagal dibantu/diganti asuransinya 6 juta. Kita sekarang berinovasi ini tidak takut akan kita asuransikan inovasi-inovasi yang akan kita lakukan di Kabupaten Labuhanbatu, jelas Andi Suhaimi.

            Terkait dengan jajanan, Andi Suhaimi mengatakan, bahwa bulan depan akan dilounching tempat atau pusat jajanan di Labuhanbatu yang ada di Jalan Lintas Sumatera atau di tugu selamat datang Ke Labuhanbatu, inilah salah satu nanti yang menampung hasil ekonomi masyarakat, ekonomi masyarakat ini bisa kita tampung di Pemerintahan kita, salah satu seperti ini Manisan Pinang Muda dan satu lagi Halua Pepaya ada rasa manis dan ada rasa pedas, memang bukusan sudah agak menarik tapi kita buat lagi lebih menarik, jadi orang bisa tertarik dengan bungkusan ini tanpa merasa saja orang sudah tertarik.

            Bupati Labuhanbatu menghimbau masyarakat agar pelan-pelan dapat membuat inovasi, kita beritahu kepada masyarakat melalui bapak Kepala desa bahwasanya kelapa sawit mayoritas petani kita hari ini tergantung dengan kelapa sawit, sama-sama kita lihat kelapa sawit sangat luar biasa anjloknya, haruslah hari ini kita benahi masyarakat, kepada masyarakat kami dari Pemerintah siap dan siap akan memberi pelajaran, akan memberi pengetahuan untuk SDM Masyarakat dan SDM anak-anak kita kedepan.

            Sementara, Camat Panai Hulu H Turing Ritonga, ST, MM dalam sambutannya mengatakan, kami sebagai Camat dan seluruh Pengurus TPID (Tim Program Inovasi Desa) 4 kecamatan ini serius dan semangat untuk melaksanakan bursa inovasi ini, tujuannya adalah supaya berinovasi kami semua di 4 kecamatan ini.

            Mudan-mudahan kegiatan bursa inovasi ini bisa kami tingkatkan kedepannya supaya apa yang  bapak harapkan nantinya kami siap mendukung program-program yang bapak laksanakan dan yang dibuat di Kabupaten Labuhanbatu ini, kata Turing Ritonga mewakili Camat Panai Hilir, Bilah Hilir dan Panai Tengah.

            Ketua Panitia Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Muhammad Nurdin dalam laporannya menjelaskan, kegiatan bursan inovasi desa ini  diikuti sebanyak 4 Kecamatan dan 34 Desa yang terdiri dari Kecamatan Panai Hulu sebanyak 7 Desa, Kecamatan Bilah Hilir sebanyak 11 Desa, Kecamatan Panai Tengah sebanyak 9 Desa dan Kecamatan panai Hilir sebanyak 7 Desa.

            Dalam pelaksanaan Bursa Inovasi Desa tersebut Bupati Labuhanbatu meninjau penampilan inovasi Bidang Infrastruktur, Bidang Kewirausahaan dan Bidang Sumber Daya Manusia serta meninjau hasil inovasi masyarakat desa tanjung sarang elang, dimana sebelumnya Bupati Labuhanbatu ini juga memberikan santunan kepada 22 orang anak yatim yang ada di desa Tanjung sarang Elang dan menerima cenderamata dari Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa Muhammad Nurdin.