Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Peringatan HKN Di Rantauprapat, Bupati Labuhanbatu Lantik Dokter Kecil dan Donorkan Darah

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT terlihat sedang melantik 150 orang Dokter Kecil pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Lapangan Ikabina Rantauprapat. 

IMG 7105RANTAUPRAPAT, ML : Pada puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Ikabina Rantauprapat, Jum’at (20/12/2019) yang ditandai dan diawali dengan kegiatan senam sehat itu, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT telah melantik sebanyak 150 orang Dokter Kecil dan bersama Dandim 0209/LB mendonorkan darah ke PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Labuhanbatu di Mobil Unit Donor Darah yang tersedia di lokasi acara HKN tersebut.

Dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional tersebut Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT, saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad (K) mengatakan, dalam kurun waktu 55 tahun kita telah berjuang bersama seluruh masyarakat malaksanakan pembangunan kesehatan, demi terwujudnya manusia Indonesia sehat, produktif dan berdaya saing tinggi. 

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di Dunia dan kita patut bangga karena telah mencapai berbagai kemajuan dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia agar sejajar dengan bangsa lain, tema HKN tahun 2019 yakni "Generasi sehat Indonesia unggul", bukti bahwa meningkatnya capaian pembangunan kesehatan 5 tahun terkahir, yaitu menurunya angka stunting balita angka kematian ibu dan angka kematian neonatal. 

Strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui 3 pilar adalah paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program Germas, program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS PK), program nusantara sehat (NS) dan program JKN bersama seluruh komponen kesehatan.

Dengan kerjasama kita telah berhasil mempersiapkan generasi sehat untuk Indonesia unggul pada tahun 2045, semoga generasi sehat yang kita oerjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka saat bonus demografi mengantarkan Indonesia menjadi negara maju, makmur dan sejahtera.

Saya berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia sehat, terimakasih kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang berjuang membangun kesehatan.

Yusrijal SKM, MM, selaku panitia menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan HKN ini adalah sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan swasta berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan menggalakkan gerakan masyarakat hidup sehat. 

Peringatan HKN Ke-55 di Kabupaten Labuhanbatu juga turut diwarnai demo cuci tangan pakai sabun (CTPS) oleh dokter kecil, kemudian, pemotongan nasi tumpeng dan pelepasan balon berhadiah, dilanjutkan dengan pelantikan dokter kecil dan pemberian sertifikat, dan yang terakhir, pemberian santunan kepada anak yatim serta pemberian cenderamata untuk ASN kesehatan yang purna tugas.