Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bupati Labuhanbatu Buka MTQH Ke-49 dan FSQ Ke-34 Tingkat Kabupaten Di Siluang

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu ketika disambut para Kepala OPD saat akan membuka kegiatan MTQH Ke-49 dan FSQ Ke-34 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu secara resmi di Dusun Siluang Kecamatan Bilah Hulu.

IMG 0442BILAH HULU, ML : Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT bersama-sama dengan Unsur Forkopimda menekan tombol sirene sebagai tanda dibukanya secara resmi kegiatan MTQH (Musabaqah Tilawatil Qur’an Hadist) Ke-49 dan FSQ (Festival Seni Qasidah) Ke-34 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020 yang berlangsung dari tanggal 3 s/d 7 Maret 2020 di Dusun Siluang  Kecamatan Bilah Hulu, Selasa (3/3/2020) malam.

            Dalam arahannya Bupati Labuhanbatu mengatakan, Pelaksanaan MTQH dan FSQ ini kiranya tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil dari kegiatan pembelajaran dan pembinaan terhadap nilai nilai ritual keagamaan dan seni budaya yang islami, yang sangat di harapkan menghasilkan pemahaman dan pengamalan secara baik dan benar terhadap nilai nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an. Karena dengan pemahaman seperti ini Insha Allah akan melahirkan manusia yang qur'ani dan islami di tengah masyarakat.

Tujuan di adakan MTQ ini tidak hanya sebatas membaca dengan baik dan benar  atau penampilan suara merdu serta keindahan busana semata, akan tapi mampu mengingatkan kita agar senantiasa meningkatkan semangat untuk memahami serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, ujar Andi Suhaimi.

Ketua DPRD Labuhanbatu Hj. Meika Riyanti Siregar, mengutarakan bahwa Al-Qur'an merupakan kitab suci yang penuh dengan insipirasi dan motivasi agar umat manusia dapat memperluas wawasan dalam ilmu pengetahuan dan menyempurnakan akhlak generasi rabbani yang handal dan berakhlakul qarimah.

Kakan Kemenag Labuhanbatu H. Safiruddin, M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan syi'ar agama serta menambah pemahaman dan kemampuan generasi muda dalam rangka menggali nilai agama dan seni budaya islam dan semoga dapat meningkatkan pengamalan nilai agama. Kami mengucapkan terimakasih karena setiap tahun pelaksanaan MTQH dan FSQ  semakin meningkat dan baik.

            Ketua LPTQ Labuhanbatu H. Khairul Dalimunthe, pada kesempatan itu menjelaskan, adapun cabang musabaqoh yakni, cabang tilawah Al-Qur'an (8 golongan), hifzil Qur'an (5 golongan), tafsir Qur'an (3 golongan), fahmil Qur'an (1 grup 3 orang), syahril Qur'an, karya tulis Qur'an, musabaqoh hadist (100 hadist dengan sarat dan 500 hadist tampa sarat).

Selanjutnya, festival seni qasidah tingkat remaja putra/putri, vokalis anak-anak, remaja, dewasa putra/putri. Terimakasih kepada Bupati yang telah memberikan hadiah umrah kepada pemenang qori/qori'ah, hafidz/hafidzoh, dan seni qasidah sebanyak 10 orang.

Harapan kami pada MTQ kali ini, semoga pak Bupati berkenan menambah jumlah pemenang untuk mendapatkan hadiah umrah di tahun 2020. Kemudian kepada pemenang lomba/juara nantinya akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Kota Tebing Tinggi dari tanggal 1 s/d 9 April 2020 mendatang dan pada tahun 2022 Kabupaten Labuhanbatu akan menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara, jelas Khairul Dalimunthe.

Camat Bilah Hulu Hamdi Erazona Siregar ST, tempat pelaksanaan MTQ tidak hanya berlokasi di Desa Gunung Selamat, tetapi karena sesuatu hal, dilaksanakan juga disuatu Desa Pematang Seleng. Adapun rincian lokasi perlombaan yaitu, tilawah dewasa/remaja, seni qasidah dan nasyid, serta bintang vokalis diadakan di arena utama lapangan bola kaki Siluang.

Selanjutnya, aula kantor Desa Gunung Selamat tempat perlombaan syahril Qur'an dan pahmil Qur'an juga merdikal meeting para oficial kafilah dan Masjid Al-Mukhlisi Siluang 1 tempat lomba tartil dan tilawah anak-anak.

Kemudian, Dihaulumudin Siluang 1 lomba tahfiz dan tilawah, dan Masjid Nurul Iman Sidodadi Desa Pematang Seleng tempat musabaqoh hadist, serta SD Negeri 30 Bilah Hulu Gunung Selamat lomba khatil Qur'an dan karya tulis Al-Qur'an. Perlombaan ini adalah tradisi positif yang dilembagakan oleh pemerintah, termasuk Pemkab Labuhanbatu yang sangat mendukung perhelatan ini, harus dilaksanakan sebaik mungkin, semoga akan menghasilkan generasi Qur'ani, yang akan membawa daerah kita lebih religi dan lebih terbingkai kerukunan yang hakiki.

Dengan diselenggarakannya acara ini dapat lahir generasi islam yang cinta budaya seni islam, karena generasi islam sudah sangat jauh sebab kemajuan teknologi dan informasi yang tidak dapat dihindari, jelas Camat Bilah Hulu.

Rangkaian acara pembukaan MTQH dan FSQ ini di selingi dengan tarian dan drama kolosal  yang berjudul Umar Bin Khatab Masuk Islam, dari pelajar SMU dan MTs gabungan se-kecamatan bilahulu, dan pertunjukan artis YouTubers religi yang sedang viral dari Provinsi Aceh bernama  Puja Sarma.