Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Pemkab Laksanakan Pencanangan Momentum Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2023

IMG 0871Labuhanbatu,

Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd.,MM mengatakan tim penggerak PKK Labuhanbatu sebagai mitra kerja pemerintah telah mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK), penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN yang di nilai mempunyai dedikasi terhadap program bangga kecana.Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd.,MM saat Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Pencanangan Momentum Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK - KB - Kesehatan Tahun 2023, yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Labuhanbatu, di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati. Kamis (30/11/2023).

 

Dikatakan Wabup gerakan PKK dengan sepuluh program pokok PKK, bertujuan untuk memperdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan. Kegiatan pemberdayaan yang mendukung program KB dan kesehatan yang terkait dengan sepuluh program PKK, khususnya program ke 6,7,9 dan 10 yaitu pendidikan, kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan pencanangan sehat, telah dilakukan secara nyata dan mendapat pengakuan luas. Posyandu terintegrasi dengan paud sebagai wadah kegiatan masyarakat perdesaan dan perkotaan yang dibentuk dari,oleh dan untuk masyarakat."Seiring dengan hal tersebut maka ketua TP.PKK Kabupaten Labuhanbatu telah menerima penghargaan tertinggi Bunda Paud Widya Dharma Utama dari kementerian pendidikan, penghargaan itu diberikan berdasarkan program kerja dan aksi nyata yang dilakukan TP.PKK," kata Wabup.

Melalui kegiatan ini, Wabup berharap kepada TP.PKK untuk tidak bosan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya program KB dan keselamatan terutama memperhatikan status gizi bayi dan balita untuk mencegah terjadinya kasus stunting di Kabupaten labuhanbatu."Harapan saya, TP.PKK tidak pernah bosan untuk membantu Pemkab dalam bidang kesehatan, terkhusus mencegah terjadinya kasus stunting di Kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai ini," Ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Wabup menyampaikan melalui pencanangan bakti sosial kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan saya mengajak kita semua agar tetap mendukung program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga berkualitas di Kabupaten labuhanbatu."Mari kita bersinergi dan berkerjasama membangun Kabupaten Labuhanbatu yang berkarakter, maju dan sejahtera dengan semangat gotong royong untuk bersama sama membolo Labuhanbatu tercinta," tutup Wabup.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hj. Mahrani, S.KM, MKM., menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin nasional setiap tahunya yang diselenggarakan oleh TP.PKK ditingkat pusat sampai ketingkat daerah, kegiatan ini berlangsung selama 3 (Tiga) bulan, dimulai tanggal 1 Oktober sampai 31 Desember 2023. Sasaran kegiatan pada kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2023 adalah pelayanan dan pembinaan peserta KB dan Kesehatan reproduksi khusus peserta KB baru dan KB pasca persalinan terhadap pasangan usia subur.Ia juga menyebutkan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dan komitmen PKK terhadap program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Sementara, Ketua TP.PKK Ny. dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada, Sp.,OG., MKM mengajak seluruh jajaran TP.PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program - program PKK agar tetap selaras dengan program Pemerintah.Ia juga menghimbau kepada seluruh ketua tim penggerak PKK kecamatan dan Instansi terkait untuk menggiatkan program KB, pola hidup bersih dan sehat (PHBS), kesehatan lingkungan terutama memperhatikan status gizi bayi dan balita untuk mencegah terjadinya kasus stunting serta menggerakkan Posyandu sampai ketingkat bawah yang semuanya itu adalah salah satu syarat dalam membentuk keluarga sakinah dimana keluarga mampu mempertahankan ketahanan dengan menjalankan komitmen bersama.

Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah oleh Wabup Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM kepada pemenang lomba penyuluhan KB pasca persalinan kepada Kader PKK. Untuk, Terbaik 1 (Satu) Kecamatan Rantau Selatan, Terbaik ll (Dua) Rantau Utara dan Terbaik lll (Tiga) Bilah Hulu dan dirangkai dengan pemberian KTP, KIA dan Akte Kelahiran, Pemberian PMT kepada ibu hamil dan pemberian pil tambah darah kepada remaja putri.

Turut Hadir Mewakili Forkopimda, Asisten l Drs. Sarimpunan Ritonga M.Pd, Kemenag, Para Pimpinan OPD, Para Kapus, Kwarcab, IBI, Protokol, Para Lurah, PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persib, beberapa Masyarakat dan Tamu Undangan Lainnya.