Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Pencanangan Bulan Bhakti Sosial, Plt. Bupati Ajak Masyarakat Untuk Mensukseskan Program Bangga Kencana

4949d52b 3548 455f a899 7be823e8702eLabuhanbatu,

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (DP2KB) menggelar acara Pencanangan Bulan Bhakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Bangga Kencana Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2024 di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati. Kamis (16/05/2024).

 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM.Dalam arahannya, Plt. Bupati Ellya Rosa Siregar menyampaikan program bangga kencana merupakan upaya untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk agar tumbuh seimbang.Momentum pencanangan Bulan Bhakti sosial IBI-KB-Kesehatan merupakan kegiatan strategis dalam penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program keluarga berencana, kependudukan, dan pembangunan keluarga (bangga kencana) dan kesehatan melalui peran, komitmen, serta partisipasi aktif mitra kerja organisasi profesi.

Lebih lanjut, Plt. Bupati Labuhanbatu menerangkan IBI merupakan organisasi profesi yang saat ini keberadaan anggotanya tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu. Ia juga meminta kepada para bidan agar dapat memberikan pelayanan yang profesional sehingga upaya yang dilakukan dapat menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir dengan memberikan pelayanan KB dalam menurunkan dan mencegah stunting di Kabupaten Labuhanbatu." Saat ini kampung KB di Kabupaten Labuhanbatu ada 80 dan akan ditetapkan pengembangan kampung Keluarga berkualitas menjadi seluruh desa dan kelurahan dengan berjumlah 97 kampung KB,"ucap Plt. Bupati Labuhanbatu.

Kegiatan tersebut mengusung tema "Melalui Momentum Bakti Sosial IBI Bangga Kencana Kesehatan, Kita Perkuat para Bidan dalam Pencapaian Keikutsertaan ber-KB dan Percepatan Penurunan Stunting menjadi Parameter untuk Lebih Proaktif Meningkatkan Pelayanan KB ".Acara dirangkai dengan pemberian apresiasi kepada para bidan praktik mandiri, penyerahan Akte Kelahiran, pemberian makanan nutrisi tambahan bagi ibu hamil, penyerahan Kartu Indonesia Anak.

Turut hadir pada acara tersebut sejumlah pimpinan OPD, para unsur Forkopimda Labuhanbatu, para Camat, sejumlah Lurah dan tamu undangan lainnya.