Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Plt Bupati Labuhanbatu Mengimbau Masyarakat, Untuk Berperan Aktif Dalam Menghentikan Penyebarluasan Berita Hoax

Teks Foto : Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu H Muhammad Ihsan harahap, ST  saat membacakan pidato tertulis Plt. Bupati Labuhanbatu pada upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu.

IMG 6688RANTAUPRAPAT, ML : Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika H. Muhammad Ihsan Harahap, ST menghimbau, agar masyarakat berperan aktif dalam menghentikan penyebarluasan berita bohong atau hoax yang dapat mengancam stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegera. 

Hal itu dikatakan Ihsan Harahap pada apel gabungan di lingkungan kelompok I dan II Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, senin (20/8/2018). Selanjutnya diharapkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial agar tidak tersandung hukum, sebagaimana yang telah diatur dalam UU NO.19 Tahun 2016 tentang perubahan UU ITE.11 Tahun 2008.

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di era digital ini sangat memudahkan masyarakat dalam bersosialisasi, berinteraksi dan menyerap informasi, salah satu sarana yang paling digemari adalah internet, menurut data Kementrian Kominfo Tahun 2017, pengguna internet di Indonesia menduduki peringkat nomor 6 di dunia yaitu sebanyak 143,26 juta jiwa atau setara 54,68 persen dari jumlah penduduk indonesia.

"Kemudahan dalam menyerap informasi tidak hanya membawa dampak positif bagi penggunanya, tetapi juga dapat membawa dampak negatif, salah satu dapak negatifnya adalah mudahnya berita bohong atau hoax yang beredar di masyarakat," ungkap Ihsan. 

Ihsan menjelaskan, berita bohong atau hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, baik melalui media sosial ataupun portal-portal berita yang dapat menyebabkan masalah sosial, politik dan sara.

"Menjelang Pemilu dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 ini, dikhawatirkan akan bermunculan akun-akun baru ataupun portal-portal baru yang dapat memperkeruh suasana akan demokrasi indonesia melalui perang media cyber yang tujuannya dapat membunuh karakter salah satu calon peserta pemilu ataupun pemilihan Presiden melalui isu-isu negatif terutama yang bernuansa sara.” Terang Ihsan Harahap.

Kadis Kominfo Labuhanbatu ini juga mengharapkan kepada kita semua  agar lebih hati-hati dan selektif mengenali informasi yang diterima dengan mengetahui ciri-ciri berita Hoax, untuk itu mari sama-sama kita berperan aktif dalam menghentikan penyebarluasan berita bohong atau Hoax yang dapat mengancam stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

Upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II ini dihadiri Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM, Asisten Adm Pemerintahan dan Sosial H Nasrullah, SH, MAP, Asisten Adm Umum H. Amru, SH, Staf Ahli Bidang Ekbang Ir. Esty Pancaningdiyah, M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Heri, AP, Kadis Lingkungan Hidup H Kamal Ilham, SKM dan Kaban BKPP Drs. Zainuddin Siregar, Kepala Dinas P2KB Labuhanbatu Hj. Lidyawati Harahap, S.Psi,M.AP serta para pejabat eselon III dan IV.