Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Panen Raya Disambut Gembira, Plt Bupati Labuhanbatu Konsentrasi Tingkatkan Pembinaan Petani

Asisten Ekbang dan Kesra Setdakab Ir. H. Hasan Heri Rambe didampingi Kasdim 0209/LB dan Muspika setempat pada pelaksanaan panen raya di Desa Sei Penggantungan.

jadi 1RANTAUPRAPAT, : Panen raya disambut gembira, Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT yang dalam hal ini diwakili Asisten Ekbang dan Kesra Setdakab Ir. H. Hasan Heri Rambe mengungkapkan, akan berkonsentrasi tingkatkan pembinanaan kepada petani.

Hal tersebut dikatakan beliau pada saat panen raya dalam rangka mendukung program swasembada pangan tahun 2019, yang berlangsung di desa Sei Penggantungan Kecamatan Panai Hilir. Kegiatan tersebut tampak dihadiri Kapolsek Panai Hilir AKP Budiarto, para Kepala OPD, Camat Panai Hilir Marasaman Harahap SE serta Kepala Desa Sei Penggantungan Sapon Rinaldi. Selasa, (19/2/2019).

 

Hasan Heri menyebutkan, bahwa untuk meningkatkan produksi dan produktifitas padi, Kementerian Pertanian melaksanakan program kegiatan budidaya padi Gogo/lahan kering, dan di Kabupaten Labuhanbatu mendapat alokasi bantuan benih seluas 11.224 HA, dengan harapan dapat mensejahterakan para petani.

"Kami berharap agar potensi lahan yang ada dapat dikelola secara optimal dengan melaksanakan penaman padi, dari satu tahun sekali menjadi dua kali setahun, dengan varietas benih yang bersertifikat, selanjutnya diharapkan para penyuluh pertanian terus meningkatkan pembinaan dan bimbingan kepada para petani," ujar Hasan Heri. 

Sementara itu Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso pada sambutannya yang disampaikan Kasdim 0209/LB Mayor inf Ertiko Cholifa SH,S.Pd mengatakan, ketahanan pangan merupakan kekuatan suatu negara, karena itu TNI perlu ikut mendukung program pemerintah dalam hal kelancaran dan pencapaian swasembada pangan secara berkelanjutan. 

"Program swasembada pangan di Labuhanbatu telah kami dukung sejak awal pencanangan dengan meningkatkan kemampuan para Babinsa bidang pertanian, dalam mendampingi PPL untuk mendorong para petani, dan mengawal pendampingan bantuan pemerintah kepada kelompok tani di lapangan," ucap inf Ertiko Cholifa 

Kemudian disampaikan Mayor Inf Ertiko, Kodim 0209/LB siap mensukseskan dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, instansi terkait, serta masyarakat dengan memanfaatkan bantuan bibit dan pupuk yang diberikan oleh Pemerintah, dengan harapan petani dapat menyisihkan hasil panen untuk diserap oleh Kansilog Rantauprapat guna mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Labuhanbatu. 

Kegiatan panen raya tersebut ditutup dengan penyerahan dana bantuan secara sombolis rehab rumah, kepada masyarakat tidak mampu di Kecamatan Panai Hilir dan Panai Tengah atas nama, Ali Guntur Rp.15.000.000,-, Latif Rp.30.000.000,-, Dahrol Rp.15.000.000,-, selanjutnya, penyerahan bantuan pembangunan pamsimas sarana air bersih kepada Kelompok Kesuwadayaan Masyarakat (KKM) Desa Sei Penggantungan Kecamatan Panai Hilir sebesar Rp.245.000.000,-.