13
Oct

Ketua TP.PKK Labuhanbatu Serahkan Dana Transport Kader Posyandu

Teks Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Siti Awal Siregar bersama Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahp, SE, M.Si ketiak menyerahkan Dana Transport Kader Posyandu di Aula Gedung Ria PTPN IV Ajamu Kecamatan Panai Hulu.

Dana TransportRANTAUPRAPAT, ML : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Siti Awal Siregar dan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si menyerahkan dana transport kader Posyandu dan pemberian makanan tambahan Triwulan I dan II untuk Kecamatan Panai Hulu, Panai Tengah, Panai Hilir dan Bilah Hilir yang dipusatkan, Kamis (13/10) di Aula Gedung Ria PTPN IV Ajamu Kecamatan Panai Hulu.

            Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar secara singkat menjelaskan bahwa tujuan dari pemberian dana transport kader posyandu dan pemberian makanan tambahan ini adalah sebagai pengganti transport kader posyandu dalam melaksanakan kegiatan posyandu setiap bulannya dan sebagai motivasi bagi kader posyandu untuk pelaksanaan kegiatan posyandu secara optimal, sekaligus untuk meningkatkan status gizi balita melalui pemberian makanan tambahan.

            Sementara, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si dalam kesempatan itu mengutarakan bahwa Pemerintah Kabuppaten Labuhanabtu telah menyediakan fasilitas rumah tinggal bersalin bagi ibu-ibu hamil yang biayanya ditanggung oleh pemerintah (gratis), “rumah tinggal (rumah singgah) ini sangat meringankan bagi ibu-ibu yang akan melahirkan dari keluarga yang kurang mampu, ada 16 rumah tinggal (rumah singgah) di Kabupaten Labuhanbatu, biaya yang ditanggung adalah makan dan transport ibu yang hamil”, jelasnya.

            Dalam kesempatan itu Pangonal Harahap juga berpesan kepada para penerima bantuan dana transport dan makanan tambahan untuk dapat memanfaatkan bantuan tersebut sehingga lebih bermanfaat dalam melaksanakan tugas dilapangan, demikian juga para penerima bantuan makanan tambahan kiranya dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup anak-anak.

            Disisi lain Pangonal Harahap juga meminta kepada Kepala Desa/Kepala Dusun untuk melakukan pendataan masyarakat yang menerima bantuan agar tidak menumpuk pada satu orang dan kepada para Camat untuk menggerakkan dan mengaktifkan yasin akbar dan hal ini untuk pembinaan ummat dan saya akan bantu jilbab atau mukena, ungkapnya.

            Kaban PMD/K Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos dalam laporannya menjelaskan, bahwa Posyandu di Kabupaten Labuhanbatu berjumlah 445 Posyandu terdiri dari Posyandu Balita 363 dan Posyandu Lansia 82, pada saat ini untuk Kecamatan Panai Hulu berjumlah 47 Posyandu, Panai Tengah 56 Posyandu, Panai Hilir 35 Posyandu dan Bilah Hilir 60 Posyandu.

            Dijelaskannya, dana transport kader posyandu di alokasikan desa dalam APBDESA sebesar Rp.35.000,- per kader perbulan dan pemberian makanan tambahan sebesar Rp.50.000,- per posyandu per bulan, namun pada saat ini disalurkan untuk Triwulan I dan II atau Bulan Januari s/d Juni 2016. Zaid juga menyebutkan bahwa untuk Desa Meranti Paham, Desa Perkebunan Sennah, Desa Perkebunan Bilah dan Desa Perkebunan Negeri Lama belum dapat menyerahkan dana transport kader dan pemberian makanan tambahan disebabkan karena APBDESA tersebut masih dalam proses realisasi anggaran pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Labuhanbatu.

Arsip Berita

Powered by mod LCA