26
Nov

Pangonal Harahap : Gerakan Pramuka Untuk Mempercepat Keberhasilan Pembentukan Karakter Kaum Muda

Teks Foto : H Pangonal Harahap, SE, M.Si selaku Bupati Labuhanbatu dan Kamabicab Pramuka sedang menyematkan tanda peserta Raimuna kepada salah seorang peserta dari Penegak.

Tanda Peserta RaimunaRANTAUPRAPAT, ML : Semoga dengan peringatan Hari Pramuka kali ini dan dari makna tema yang terkandung dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka untuk mempercept keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik, keren, gembira dan asyik di masa-masa mendatang.

            Demikian diutarakan H Pangonal Harahap, SE, M.Si selaku Bupati dan Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu pada acara HUT Pramuka Ke-55 dan Pembukaan Raimuna Cabang Labuhanbatu Tahun 2016, Sabtu (26/11) pagi di Bumi Perkemahan Kompleks GOR Rantauprapat yang dihadiri Kakwarcab Pramuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar, FKPD dan Kepala SKPD.

            Lebih lanjut dikatakannya, Di era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan factor penetu yang paling utama. Untuk itulah melalui Peringatan HUT Pramuka Ke-55 sekaligus Pembukaan Raimuna Kwarcab Labuhanbatu Tahun 2016 ini kita bangun manusia yang memiliki karakter watak yang kuat.

            Oleh karena itu, mari kita sama-sama membangun manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, berbudi luhur, menjunjung kesatuan dan persatuan bangsa. Pemuda demikian akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan khususnya di Labuhanbatu dan umumnya di negeri tercinta ini, oleh karena itu Gerakan Pramuka masih dan tetap relefan dengan perkembangan zaman.

            Menurut Pangonal Harahap, pada saat ini kaum muda dihadapkan pada dua masalah besar yaitu yang berkaitan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial meliputi penggunaan napza dan obat terlarang, perkelahian dan kekerasan serta kriminilitas remaja, sedangkan masalah kebangsaan meliputi solidaritas sosial rendah atau semangat kebangsaan yang rendah serta semangat persatuan dan kesatuan yang rendah, pesan saya, tinggalkan hal-hal yang bersifat negatif terutama masalah narkoba, katanya mengingatkan.

            H.Sarimpunan Ritonga, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Wakabinamuda dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan Raimuna adalah gabungan dari kegiatan Penegak, Pendega, Peran Saka, Perkemahan Wira Karya. Kegiatan Raimuna merupakan kegiatan besar dengan aktifitas edukatif, kreatif, produktif, inovatif dan rekreatif.

            Menurutnya, Raimuna sebagai sarana untuk memupuk rasa persahabatan dan perdamaian yang dibungkus ‘Adat Ambalan’, dimana Raimuna berasal dari gabungan dua kata “Raid an Muna” dari suku Ambai Kabupaten Yapen Warapen (Papua), Raimuna memiliki arti sekelompok orang kuat yang berkumpul, bekerja untuk mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama-sama.

            Wakabinamuda Pramuka Labuhanbatu ini juga menjelaskan, bahwa pelksanaan Raimuna ini berlangsung dari tanggal 26 s/d 30 November 2016 yang diikuti oleh Penegak Pendega se- Kabupaten Labuhanbatu ditambah Pembina dengan jumlah peserta sebanyak 997 orang, terdiri dari Laki-Laki sebanyak 470 orang, Perempuan 460 orang ditambah Pembina sebanyak 67 orang, kata Sarimpunan Ritonga.

            Acara HUT Pramuka Ke-55 dan Pembukaan Raimuna Cabang Labuhanbatu Tahun 2016 ini ditandai dengan Pemotongan Nasi Tumpeng dan Penyematan Tanda Peserta kepada Penegak dan Pendega oleh H Pangonal Harahap, SE, M.Si selaku Bupati Labuhanbatu dan Kamabicab Pramuka.

Arsip Berita

Powered by mod LCA