11
Oct

Pangonal Harahap : SIDa Merupakan Salah Satu Kebijakan Dari Pemerintah Pusat

Teks Foto : Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si menyerahkan plakat cenderamata kepada salah seorang narasumber pada acara sosialisasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dan Penguatan Kelitbangan Kabupaten Labuhanbatu.

IMG 8779RANTAUPRAPAT, ML : Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) merupakan salah satu kebijakan dari Pemerintah Pusat yang tertuang dalam peratuiran bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi dan Mendagri Nomor 3 Tahun 2012 dan Nomor 36 Tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah menyebutkan bahwa dalam rangka peningkatan kapasitas pemerintah daerah, daya saing daerah dan pelaksanaan masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi indonesia 2011-2025 diperlukan penguatan sistem inovasi daerah secara terarah dan berkesinambungan.

            Hal tersebut dikatakan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, SE, M.Si, Rabu (11/10) pada saat membuka acara Sosialisasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dan Penguatan Kelitbangan Kabupaten Labuhanbatu di Hotel Permata Land Rantauprapat yang dihadiri Kaban Litbang Kabupaten Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti, MM, dan dihadiri para narasumber yaitu Drs. Teguh Narutomo, MM dari Puslitbang Inovasi Balitbang Kemendagri, Dr. Wihatmoko Waskito Aji, M.Eng dari Kemenristek Dikti, Dr. Sosa Sofyan Munawar, S.Hut.MP dari LIPI dan Silvia Darnita, SP dari Balitbang Provinsi Sumatera Utara.

            Lebih lanjut Pangonal Harahap mengatakan, Melalui Sosialisasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) ini Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengajak seluruh pemangku kepentingan dari Institusi Pemerintah, Lembaga Kelitbangan, Lembaga Pendidikan, Lembaga Penunjang Inovasi, Dunia Usaha dan Organisasi Masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu untuk bersinergi dan menyatukan komitmen dalam penguatan sistem inovasi daerah di Kabupaten Labuhanbatu melalui pemanfaatan potensi unggulan daerah berbasis inovasi berupa hilirisasi industri turunan kelapa sawit dan karet.

            Dalam kerangka terwujudnya SIDa ini penting adanya kerjasama dari unsur organisasi perangkat daerah untuk dapat mewujudkan harapan tersebut yang dibantu dengan partisipasi pemangku kepentingan terkait, termasuk pihak swasta agar sistem inovasi yang akan dibangun berjalan sesuai harapan dan multi guna bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Labuhanbatu, jelas Pangonal Harahap.

            IMG 8782Nelson Muhammad Bangun, ST, MM selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan, bahwa maksud kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi Badan Penelitian dan pengembangan dalam pemerintah daerah dan merumuskan konsep sistem inovasi daerah untuk mensinergikan kegiatan kelitbangan anatar Pemerintah Daerah dengan Akademisi, Lembaga Kelitbangan, Lembaga Penunjang Inovasi, Pelaku Usaha,Kumunitas dalam masyarakat serta kalangan Legislatif agar terwujud kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.

            Serkretaris Balitbang Labuhanbatu ini menambahkan, bahwa tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah untuk memperkuat fungsi kelitbangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dan mempersiapkan pembentukan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di Kabupaten Labuhanbatu dengan peserta sebanyak 150 orang yang terdiri dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Lembaga Akademis, Tokoh Masyarakat, Organisasi Masyarakat, Lembaga Keungan, Pelaku Industri Kelapa Sawit, Pelaku Usaha UMKM Kabupaten Labuhanbatu, jelas Nelson.

            Dalam pembukaan sosialisasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dan Penguatan Kelitbangan Kabupaten Labuhanbatu tersebut Bupati Labuhanbatu didampingi Kaban Litbang Labuhanbatu menyerahkan plakat cendera mata kepada para narasumber yang datang dari Jakarta.

Arsip Berita

Powered by mod LCA