Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Melalui Kampung KB, Bupati Ajak Masyarakat Wujudkan Labuhanbatu Maju Dan Sejahtera

Teks Photo : Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT berphoto bersama dengan Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugroho SE, M.Si dan Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumut Drs.Temazaro Zega M.Kes dalam acara penyerahan penghargaan terbaik pelayanan KB sejuta akseptor yang diterima Pemkab Labuhanbatu dan Kodim 0209/LB

WhatsApp Image 2020 08 25 at 19.53.14BILAH HILIR : Melalui Kampung KB, Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT ajak masyarakat khususnya yang ada di Desa untuk mewujudkan Labuhanbatu maju dan sejahtera. Demikian disampaikan Bupati pada acara sarasehan Kampung KB di lapangan bola kaki Desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir, Rabu (19/8/2020).

Menurut Bupati, program tersebut sangatlah strategis dan menjadi pintu gerbang masuknya berbagai aspek pembangunan, seperti bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, peternakan, sarana dan prasarana jalan dan lain-lainya.

Bupati berharap, masyarakat dapat berperan aktif mendukung program Kampung KB, Pemkab melalui OPD terkait akan terus berupaya melakukan intervensi untuk mengurai masalah yang dihadapi masyarakat.

Dikatakan Bupati, penghargaan terbaik pelayanan KB sejuta akseptor yang diterima Pemkab dan Kodim 0209/LB tidak terlepas dari peran tokoh agama, pemuda dan masyarakat serta kader tangguh yang bekerja dengan sukarela.

"Terimakasih kepada ibu PKK, para kader KB, kader dasawisma serta posyandu atas semangatnya yang luar biasa sehingga Labuhanbatu menjadi salah satu Kabupaten terbaik dalam mengembangkan Kampung KB di Provinsi Sumatera Utara," ujarnya.

Terakhir Bupati menghimbau para Kepala Desa agar memanfaatkan dana Desa dengan tepat sasaran, seperti digunakan untuk Kampung KB, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan peran aktif masyarakat.

Danrem 022/PT Kolonel Inf Asep Nugroho SE, M.Si yang hadir pada saat itu menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu kerjasama antara TNI dan BKKBN dalam manunggal TNI dan KB-Kes yang dijadikan agenda Nasional secara rutin dan dilaksanakan mulai level pusat Markas besar TNI hingga tingkat daerah dijajaran Kodim se-Indonesia.

"Penghargaan ini merupakan kerja keras dan kesungguhan prajurit Kodim 0209/LB dalam menyukseskan program KB-Kes, semoga ini menjadi contoh untuk Kodim yang lain di wilayah jajaran Korem 022/Pantai Timur," jelasnya.

Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumut Drs.Temazaro Zega M.Kes juga memberikan Apresiasi kepada pihak Pemkab Labuhanbatu, Kodim 0209/LB, Danramil dan para Babinsa serta jajaran yang senantiasa selalu mendukung program KB dalam membangun kampung KB.

"Pemerintah pusat akan mempromosikan Labuhanbatu sebagai tolak ukur kemajuan di Kabupaten/Kota lain yg telah berhasil menjadi Kabupaten terbaik dalam program KB-Kes, Panglima TNI dan BKKBN Pusat telah bekerjasama dalam membangun masyarakat untuk meningkatkan kualitas penduduk dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas BP2KB Labuhanbatu Hj.Lidyawati Harahap menyampaikan, bahwa Labuhanbatu memiliki 25 Kampung KB, namun saat ini masih 14 Kampung KB yang rutin dilakukan pembinaan.

Dalam kegiatan ini, Pemkab Labuhanbatu menerima penghargaan terbaik III dengan presentasi capaian akseptor tertinggi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan penghargaan terbaik II Kabupaten dengan presentasi capaian akseptor tertinggi berdasarkan PPM.

Selain itu Kodim 0209/LB juga menerima piagam penghargaan pelayanan KB Serentak sejuta Aseptor serta meraih peringkat Kodim terbaik II se-Sumatera Utara, piagam tersebut diserahkan langsung oleh Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumut kepada Bupati dan Danrem 022/PT.

Diacara dimaksud, Pemkab melalui Dinas BP2KB memberikan bantuan dukungan Kampung KB berupa Pemberian vitamin A dan PMT kepada balita, pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil, pemberian KIA dan Akte kelahiran, pemberian mesin rumput, mukena, dan bantuan sarana kelompok UPPKS Dikampung KB.

Turut hadir pada acara itu, Ketua TP.PKK Labuhanbatu Hj.Rosmanidar Hasibuan, para Asisten, Kepala OPD, Camat Bilahilir Bangun Siregar, Kepala Desa se-Kecamatan Bilah Hilir, Para Pokja dan kader KB.