Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bupati Labuhanbatu : Inovasi Adalah Kunci Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi

Teks Photo : Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT saat membuka workshop bimtek laboratorium inovasi di Pasuruan Jaya Kelurahan Sirandorung.

WhatsApp Image 2020 08 25 at 20.00.11RANTAU UTARA : Inovasi adalah kunci peningkatan pertumbuhan ekonomi daya saing Nasional dan kesejahteraan bangsa. Demikian dikatakan Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT saat membuka workshop bimtek laboratorium inovasi di Pasuruan Jaya Kelurahan Sirandorung, Senin (24/8/2020).

Dijelaskan Bupati, saat ini Pemkab terus berupaya merespon tuntutan perubahan dinamika yang berkembang dengan meningkatkan kapasitas inovasi di Labuhanbatu.

"Kita patut bersyukur dengan adanya kebijakan dan regulasi yang sangat memungkinkan berkembangnya inovasi dilingkungan Pemda, oleh karena itu, melalui kegiatan ini Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) harus mampu menyamakan persepsi dan meningkatkan kapasitas ASN dalam berinovasi," kata Bupati.

Menurut Bupati, secara keseluruhan kegiatan ini memiliki dua poin penting yakni diagnosa atau menggali ide- ide inovasi yang berangkat dari permasalahan yang dihadapi dan desain atau merancang aksi inovasi yang komprehensif.

"Saya harap agar setiap OPD dapat memahami materi yang di sampaikan narasumber dan mengaplikasikan sebaik-baiknya sa'at melayani masyarakat, juga harus dapat berkreasi dan berinovasi, karena hanya dengan inovasi kita mampu memenuhi harapan masyarakat," himbau Bupati

Selaku pelaksana kegiatan, Kepala Badan Litbang Zuhri SE, M. Si menjelaskan, tujuan diselenggarakannya workshop untuk meningkatkan kapasitas ASN dalam mencari inovasi dan memperkuat inovasi daerah.

"Dari sini diharapkan timbulnya tekat yang kuat dari OPD untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam percepatan pembangunan daerah, dan pemahaman yang sama bagi semua OPD terhadap inovasi daerah dan peranan masing-masing dalam meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat," ucap Zuhri.

Sementara Dian Eka Rahayu Sawitri SH.MH perwakilan Lembaga Administrasi Negara (LAN) menuturkan, inovasi penting untuk menuju suatu proses pembangunan yang lebih baik. Mari kita perkuat inovasi dilingkungan pemerintahan untuk pelayanan publik dan daya saing daerah serta menjadikan ASN sebagai pamong inovasi dari setiap OPD.

Bimbingan teknis yang direncanakan selama empat hari tersebut mengambil tema " Melalui inovasi daerah kita wujudkan peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan peran masyarakat dan peningkatan daya saing daerah" yang diikuti oleh kepala OPD dan anggota Tim Laboratorium.

Tampak hadir pada workshop tersebut, Sekda Ir. H. Muhammad Yusuf Siagian M. MA, Asisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD, Kabag, Camat dan staf Pemerintahan.