Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Dinkes Klarifikasi Situasi Terkini Covid-19 Di Labuhanbatu

Teks Photo : Kepala Dinas Kesehatan Kamal Ilham SKM, MM didampingi Kabid Kesmas Friska Simanjuntak SKM. M.Km, Kabid P2P Rahmad Hasibuan S.Km, Kabid SDK Dr, Nuraini Siregar, Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD H.AS dan Tim Gugus Tugas

WhatsApp Image 2020 08 26 at 18.37.03RANTAU SELATAN : Kepala Dinas Kesehatan Kamal Ilham SKM, MM didampingi Kabid Kesmas Friska Simanjuntak SKM. M.Km, Kabid P2P Rahmad Hasibuan S.Km, Kabid SDK Dr, Nuraini Siregar, Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD H.AS bersama Tim Gugus Tugas klarifikasi situasi terkini Covid-19 di Labuhanbatu, Rabu (26/8/2020).

Dijelaskan Kamal, kasus terkonfirmasi Maneger Perkebunan PTPN III Janji Kecamatan Bilah Barat berinisial EZN (54) secara administrasi bukan warga Labuhanbatu namun beraktivitas di Labuhanbatu dan telah menjadi sumber penularan bagi 8 orang lainnya, namun saat ini seluruhnya sudah dalam keadaan sehat.

"Ada 12 orang yang sedang menjalani pengobatan dan isolasi, 8 diantaranya dinyatakan sembuh setelah dirawat di RS Sri Pamela Tebing Tinggi, sedangkan 4 orang lainya dirujuk ke RS Rujukan Covid-19 di Medan, dan diketahui 4 orang tersebut selama ini berkatifitas di Medan," jelas Kamal.

Menurut Kamal, untuk bulan Agustus telah terjadi ledakan kasus baru sebanyak 15 kasus baru termasuk klaster PTPN III Rantau Prapat

dan 6 kasus lainya yaitu NDR (30) warga Padanngmatinggi, JS (28) Warga Negri Baru Bilahilir, NHS (22) Warga Pulopadang Rantau Utara, BA (30) Warga Urung Kompas, MJS (28) warga Sidomulyo Bilahilir, dan SPD (28) warga Pangkatan.

Sedangkan klaster PTPN III, S, Afd. I Kebun Rantauprapat, Bilahbarat, S, Afd.I, HR, N6 Aek Nabara, S, Afd I Kebun Rantauprapat, Bilah Barat, NH, Afd I Kebun Rantauprapat Bilah Barat, T, Afd. I Kebun Rantauprapat Bilah Barat, M.Br, P, Afd. I Kebun Rantauprapat Bilah Barat, M.Br.S N6 Aek Nabara dan J, Afd I Kebun Rantauprapat Bilah Barat, semua sudah sembuh dan dalam keadaan sehat.

Semua ini tidak terlepas atas cepat tanggapnya Osutri Anwar General Manager PTPN III Janji yang langsung memberikan pelayanan kesehatan bagi para karyawannya yang terpapar dan kontak dengan kasus Covid-19 tersebut dengan melakukan isolasi dan Swab.

Untuk sekarang ini PTPN III kita berlakukan Lock Down hingga para karyawan yang terpapar virus Covid-19 dinyatakan betul betul sembuh secara keseluruhan.

Sebagai catatan, semenjak mewabahnya Covid-19 yang melanda Labuhanbatu kasus pertama ditemukan pada 11 April 2020 menimpah R.br M (61) warga pondok batu, dan kasus kedua ditemukan pada tanggal 27 Juni 2020 terjadi pada diri KC (21) warga Kelurahan Sirandorung.

Sedangkan dibulan Juli tercatat ada empat kasus baru yaitu kepada SHD (22) warga Padang bulan, JBA (24) warga Sirandorung, HFS (39) warga Perumahan M Rantau Selatan, PS (56) warga Tanjung Harapan Pangkatan, dan satu kasus terkonfirmasi tenaga medis RSUD rantauprapat namun tidak tercatat sebagai kasus Kabupaten Labuhanbatu, karena yang bersangkutan beralamat di Medan.

Melihat ini semua, demi keselamatan dan kesehatan bersama, pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan menghimbau kepada seluruh masyarakat labuhanbatu terhususnya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19,jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, pakai masker, dan selalu gunakan hand sanitizer.