Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Wakil Bupati hadiri Manasik Haji Kabupaten Labuhanbatu 2022

WhatsApp Image 2022 06 01 at 18.12.55Labuhanbatu,

Waki Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. membuka Pelaksanaan Manasik  Haji Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2022 di Ruang Data dan Karya, Kantor Bupati, Rabu (1/6/2022).

 

Diketahui jumlah calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini berjumlah 216 orang. Dalam arahannya Wabup mengatakan sudah 2 tahun kita tidak melaksanakan ibadah haji dikarenakan  covid-19 dan baru tahun ini diadakan pemberangkatan kembali. "Bersyukur lah bapak ibu sekalian terpanggil untuk menunaikan ibadah haji tahu ini, Semoga di tahun yang akan datang, akan semakin bertambah masyarakat Labuhanbatu yang berangkat," ucapnya.

Wabup menyarankan dan berharap para calon jemaah haji mengikuti manasik ini dengan seksama agar mengetahu bagaimana nanti melaksanakan ibadah haji di sana dan juga untuk mematuhi ketua kelompok, ketua rombongan dan juga ketua kloter. "Mudah mudahan  dirahmati allah, sehat berangkat dan sehat kembali. Dan doakan kami dalam memimpin Labuhanbatu ini,  doa bapak bapak ibu ditanah suci, semoga kami dapat memimpin Labuhanbatu ini,"  jelasnya.

Kepala Kantor Kemenag Labuhanbatu Syafi'i mengatakan bahwa seluruh calon jemaah haji akan di perisa tes pcr oleh Dinas Kesehatan  sebelum berangkat ke Asrama haji Medan. "Semua harus melaksanakan pcr, walaupun sudah vaksin ke 3, karen itu merupaka satu perintah dan aturan dari saudi arabia. Hasil pcr itu dibawa masing-masing  yang akan diperiksa di sana," jelasnya.

Syafii menambahkan penjelasan teknis tentang pemberangkatan calon jemaah haji sudah harus  sampai di Asrama Haji Rantaprapat pada pukul 6 pagi disesuaikan dengan kloter yang didapatkan nanti. "Jangan terlambat, Semakin cepat berangkat dari sini, cepat sampai sana, cepat istirahat di sana, karena nanti ada pembekalan akhir lagi.  Ikuti peraturan yang ada, karena 1 orang saja tidak ada, akan mengganggu satu kloter, akan menyusahkan jamaah lain," katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembekalan materi terkait kebijakan Pemerintah Indonesia entang haji, kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang haji, Pelayanan Kesehatan Haji, dan pembekalan Alur perjalanan Ibadah haji.

Turut hadir dalam kegiatan ini Laporan Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Labuhanbatu Mahdan munthe, Kepala seksi Bimas Islam Kemenag Labuhanbatu Darmansyah, panitia pelaksana manasik haji, para calon jamah haji, dan hadirin lainnya.