Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Labuhanbatu Berlangsung Khidmat

18F4A682 2ADB 4C34 B43C DC13626C56DFLabuhanbatu,

Diawali dengan Pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara dalam hal ini Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.K.M, yang diikuti seluruh peserta upacara, peringatan hari sumpah pemuda dilabuhanbatu berlangsung khidmat.

Bertempat di lapangan Ika Bina Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara, Bupati Labuhanbatu menyampaikan amanat tertulis Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia Zainuddin Amali.

Menurut Menpora, Pada hari ini 28 Oktober 2022 kita bersama memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke- 94 dengan tema " Bersatu Bangun Bangsa", peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan Pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan, peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian penggerakan-penggerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta Emas sepanjang masa.

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat Pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia emas 2045 tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini bermula dari titik nol ibukota Nusantara kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong Pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

Di akhir pidato ini saya mengajak marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa titik Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan mengenai cita-cita kejayaan Indonesia.Sebelumnya, upacara peringatan hari sumpah pemuda dilabuhanbatu tersebut dirangkai dengan pembacaan pembukaan UUD-1945 dan sumpah setia pemuda tahun 1928.

Sumpah Setia ini dituangkan ke dalam naskah yang kini juga dikenal sebagai isi teks Sumpah Pemuda , yang berbunyi.

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Usai pelaksanaan upacara, Pemkab Labuhanbatu memberikan bantuan sosial sembako kepada 100 orang yang diserahkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu di ikuti Kapolres Labuhanbatu,Kasdim 0209/lb Ketua DPRD, Kakankemenag dan Ketua KNPI.

Hadir mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 kali ini, selain Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga, M.K.M, hadir juga Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd, M.M, Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlya Rangkuti,S.I.K, Beserta jajaran,Dandim 0209/lb Letkol Inf Muhammad Faizal Rangkuti beserta jajaran, Kajari Labuhanbatu Furqonsyah Lubis, SH.MH, Para Asisten, Kepala OPD, Kabag, Kaban, OKP, Ormas dan tamu undangan.