Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Kadis Kominfo Labuhanbatu jadi Narasumber dalam kegiatan Diklat Kementerian Agama

CD844FAC CEAD 4704 99FE B2C80BC105E4Labuhanbatu,

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Fadly Rangkuti,ST.M.Kom menghadiri sekaligus sebagai pemateri dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kementerian Agama di Aula Kantor MUI Labuhanbatu, Jalan Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Rabu (15/02/2023).

Manajemen data merupakan suatu bentuk kegiatan pengelolaan sumber daya informasi yang meliputi, pengumpulan data dan pencatatan ke dalam file dokumen memanfaatkan teknologi informasi yang berfungsi sebagai input bagi sistem dengan memastikan terlebih dahulu data secara aktual dan akurat agar dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan.Dengan pengelolaan data tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kecenderungan (trend) yang akan terjadi, serta dapat menentukan prioritas dan evaluasi. Untuk mendokumentasi hasil pengolahan data serta mempublikasikannya, dapat menggunakan sebuah instrumen teknologi informasi yaitu sistem informasi manajemen.

Mengingat pentingnya pengelolaan data bagi instansi atau lembaga pemerintah, balai Diklat Kementerian Agama melaksanakan kegiatan pelatihan teknis pengelolaan sistem informasi manajemen di wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu.Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 18 Februari 2023.

Pada kesempatan itu, Plt.Kepala Dinas Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti,ST.M.Kom menjadi narasumber sekaligus mengisi pelatihan tersebut. Materi yang diisi pada pelatihan itu yakni mengenai tentang PHP (Hypertext Preprocessor).Hypertext Preprocessor atau PHP adalah bahasa penulisan skrip open-source yang banyak digunakan dalam pemrograman atau pengembangan website (web development). Bahasa ini umumnya dijalankan dalam komunikasi sisi server, dan saat ini didukung oleh hampir semua sistem.

Bahasa penulisan skrip adalah bahasa yang mengotomatiskan eksekusi task (tugas) dalam environment runtime khusus. Tugas ini mencakup menginstruksikan halaman statis (dibuat dengan HTML dan CSS) untuk melakukan tindakan tertentu dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Kegiatan Pelatihan tersebut diikuti oleh para peserta dari Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu.