Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bersama Kemensos RI, Dinsos Gelar Kegiatan Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke 27 dan Pemberian Bantuan Sosial Terhadap Lanjut Usia.

33ff86b5 c09a 4692 9b0f f118d9339febLabuhanbatu,

Dinas Sosial Kabupten Labuhanbatu menggelar kegiatan memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang ke 27 dan Pemberian bantuan sosial terhadap lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Labuhanbatu, Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kementerian Republik Indonesia melalui Setra Bahagia Medan, di Gedung Olah Raga Rantauprapat, Senin (29/5/2023).

Dalam sambutanya, Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM melalui Plt Kepala Dinas Sosial Syahrizal Hasibuan mengucapkan Pemkab Labuhanbatu sangat berterima kasih banyak kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui sentra kreasi atensi bahagia medan, Dinsos Kabupaten Labuhanbatu dan pihak terkait lainnya yang turut mendukung acara ini."Dengan tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat, Saya mengucapkan selamat hari lanjut usia nasional ke 27 Tahun 2023," ucapnya.

Bupati mengatakan pada tanggal 29 Mei diperingati hari lanjut usia (Lansia) dan acara puncak peringatan hari lanjut usia nasional ke 27 tahun 2023 dilaksanakan pada hari ini di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.Peringatan hari lanjut usia nasional ini, dikatakan Bupati sebagai bentuk perhatian negara terhadap lansia dalam layanan pemenuhan hak sipil yang harus kita lakukan dan perlu saya sampaikan bahwa lansia adalah orang tua kita yang sudah berjuang turut serta membangun daerah ini terkhusus Kabupaten Labuhanbatu yang sangat kita cintai ini."Bagaimana negara melindungi lansia ada peraturan yang diterbitkan yaitu UU Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998, tentang kesejahteraan lanjut usia," kata Bupati.

Bupati berharap Pemkab Labuhanbatu kiranya dapat mengalokasikan dukungan anggaran, agar tercipta kerjasama yang sangat baik dengan sentra kreasi atensi bahagia medan yang merupakan perpanjangan pelaksanaan kegiatan Kementerian Sosial Republik Indonesia pada Wilayah Provinsi Sumut.Lebih lanjut Bupati juga mengajak seluruh pengambil kebijakan baik di Kabupaten maupun di Kecamatan dan Desa untuk bersama sama berbuat terhadap warga kita dalam melayani masyarakat khususnya lansia. Mudah mudahan bantuan yang diberikan ini nantinya dapat dimanfaatkan sebaik baiknya.

Kabid Rehabilitasi Sosial Arif Rahamad menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama yang sudah terjalin dengan setra bahagia medan kementerian sosial Republik Indonesia. Adapun jumlah penerima bantuan sebanyak 100 orang lansia dari Kecamatan Bilah Barat.

Kepala sentra bahagia Pengalaman Surbakti mengatakan seluruh bantuan berbentuk bahan dan peralatan berasal dari Kementerian sosial Republik Indonesia melalui sentra bahagia medan. Jenis bantuan yang diberikan Beras Premium 5 Kg, Susu Bubuk Lanjut Usia 885 Gram, Biskuit 1600 Gram, Sarden ABC 425 Gram, Minyak Goreng 2 liter, Madu 500 Gram, Vitamin C 500 Mg, Handuk, dan Sarung. Sedangkan alat berupa Tongkat kaki 3, Tongkat Tuna Netra dan Kursi Roda.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kursi roda secara simbolis oleh Bupati Labuhanbatu diwakili Plt Kepala Dinas Sosial Syahrizal Hasibuan kepada lansia asal tanjung medan.

Usai penyerahan bantuan acara dilanjutkan dengan mengikuti Zoom Meeting kegiatan puncak Memperingati Hari Lanjut Usia ke 27 di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, Yang dibuka langsung oleh Ibu Menteri Dinas Sosial RI, Dr. Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T.

Turut hadir Mewakili Kementerian Sosial, Kepala Disporabudpar Hulwi SE, Kepala Dinas Kesehatan Kamal Ilham, Pengurus PKK Labuhanbatu, PKH, Para Kades se Kecamatan Bilah Barat dan Tamu Undangan Lain.