Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Bupati Labuhanbatu Lepas Keberangkatan dan Tepung Tawari 332 Calon Jamaah Haji

8a3cd05c d63f 426e 91e5 7af5c89552c3Labuhanbatu,

Diawali dengan pembacaan doa oleh ketua MUI Drs.H.Abdul Hamid Zahid, Bupati Labuhanbatu, dr.H.Erik Adtrada Ritonga, MKM menepung tawari dan melepas keberangkatan 332 calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (31/05/2023) di Mesjid Raya Al-Ikhlas Ujung Bandar Rantauprapat.

Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM., dalam bimbingan dan arahanya mengucapkan Alhamdulillah karena tahun ini Kabupaten Labuhanbatu bisa mengantarkan calon jamaah haji dengan pelayanan yang cukup baik."Alhamdulillah hari ini kita bisa kembali menghantarkan saudara dan saudari kita untuk berangkat ke tanah suci melaksanakan ibadah haji 1444 H".

Segala bentuk pelayanan kami usahakan dengan sebaik-baiknya, dari itu kita menggunakan transportasi kereta api untuk memberikan kenyamanan kepada calon jamaah, karena dengan menggunakan kereta api saya nilai jamaah tidak begitu lelah dalam perjalanan, jamaah lebih nyaman dan aman didalamnya serta stamina lebih terjaga.

Karena, menurut Bupati, kekuatan fisik adalah salah satu hal yang sangat diperlukan untuk menyelesaikan rangkaian kegiatan haji di tanah suci, dari itu kesehatan dan fisik harus kita siapkan dengan baik.Diakhir bimbingan dan arahannya, Bupati berpesan kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga diri dengan kesehatan fisik yang prima agar bisa menyelesaikan rangkaian ritual haji nantinya, " semoga menjadi Haji dan Hajah yang mabrur dan mabrurah" pungkasnya.

Kakan kemenag dr. H. Hasbi Pasaribu S.Ag, MA dalam laporannya menyampaikan, jumlah jamaah haji Kabupaten Labuhanbatu pada tahun ini berjumlah 332 orang, namun yang bisa berangkat hanya 331 orang, ada satu yang mundur atas nama Paijo karena mengalami sakit.Di samping itu disampaikanya, jamaah yang berangkat dari 331 orang 2 diantaranya sudah ada di medan karena mereka sudah beralamat dan tinggal di medan dan satu lagi jalan dengan menggunakan ambulans menuju kota Medan.Kakan kemenag berpesan seluruh jamaah agar tetap sabar dan jaga kesehatan, "pada hari ini kita diberangkatkan oleh Bupati melalui jalur kereta api dan ini baru pertama di Labuhanbatu, untuk itu kita patut berterima kasih bersyukur kepada Allah kepada Bupati yang telah memfasilitasi kita agar jamaah merasa aman, nyaman sampai tujuan".

Semoga usaha yang dilakukan ini diridhoi Allah subhanahu wa ta'ala dan semoga Bupati beserta jajaran pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala, pungkasnya.Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Abdul Karim Hasibuan menyebutkan, Ibadah Haji adalah rukun islam yang wajib ditunaikan umat muslim yang baligh lagi berakal dan memiliki kemampuan untuk menjalankanya dan membutuhkan kesehatan yang prima.

Untuk itu, saya berpesan kepada jamaah untuk tetap menjaga kesehatan agar tidak mengalami masalah ketika melaksanakan ibadah haji karena sebagian besar rukun haji memerlukan fisik yang sehat.Selamat jalan calon haji, semoga dengan iman dan takwa serta keikhlasan, kita akan berhasil memperoleh haji yang mabrur dan mabrurah, ujarnya.

Dul Kalim Calon Jamaah asal Desa Meranti Kecamatan Bilah Hulu usai menerima tepung tawar mengucapkan terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah memberikan fasilitas yang baik bagi jamaah calon haji."Terimakasih pak, kami merasa senang dengan pelayanan ini, semoga dengan menggunakan kereta api perjalanan kami lebih terjamin keamanan dan kenyamananya, dan kesehatan kami lebih terjaga" sebut Dul Kalim. 

Selain Bupati Labuhanbatu, terlihat hadir dilokasi tersebut Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM., para pimpinan Forkopimda Labuhanbatu, Sekdakab Labuhanbatu Ir. Hasan Heri Rambe, para Kepala OPD, Ketua TP PKK Labuhanbatu dr. Hj. Maya Hasmita Sp.OG, MKM., President Divre PT.KAI Regional Sumut Muhammad Arie Faturahman dan ribuan keluarga jamaah dan Masyarakat setempat.