Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Pengabdian Kepada Masyarakat, FK.USU dan PERKI Bakti Sosial di Labuhanbatu

27abcb5a acd9 4ce9 95b9 b7e77550e6feLabuhanbatu,

Bakti Sosial Departemen Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Universitas Sumatera Utara (USU) RS. H. Adam Malik dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) cabang Sumatera Utara dalam agenda pengabdian kepada masyarakat disambut baik oleh Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga MKM di Aula Asrama Haji Rantauprapat jalan SM.Raja, Kecamatan Rantau Selatan, Senin 12/6/2023.

 

Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, dikesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada para dokter spesialis penyakit jantung RS.Adam Malik FK. Universitas negeri Sumatera Utara di Labuhanbatu, yang telah berkenan memberikan pelajaran dasar untuk mengenali gejala penyakit jantung dan cara penanganan daruratnya."Mari sama-sama kita manfaatkan momen ini, tekuni dan dalami ilmu yang akan diberikan hari ini, sehingga kita bisa membantu keluarga dan orang lain pada saat darurat mengalami serangan jantung yang datang tiba-tiba"

Momen ini sangat langka sangat jarang dilaksanakan di daerah-daerah, semoga menjadi manfaat bagi kita semua yang ada di sini dan bermanfaat bagi masyarakat Labuhanbatu, ucap Bupati.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya, Bupati Kabupaten Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kegiatan pemeriksaan kesehatan jantung bagi warga Kabupaten Labuhanbatu, yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran USU dan PERKI Cabang Sumatera Utara.“Kami sampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setingginya kepada Fakultas Kedokteran USU dan PERKI Sumut, yang melaksanakan pemeriksaaan kesehatan jantung bagi warga Kabupaten Labuhanbatu. Pungkasnya. 

Sebelumnya diketahui, Pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Departemen PJPD sebagai wujud dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan yang dilakukan memiliki Tema Promosi Kesehatan dan Deteksi Kelainan Kardiovaskular di Kabupaten Labuhanbatu."Acara ini merupakan acara rutin dari Departemen Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK USU, yang merupakan gabungan dari dua tema acara yaitu “Skrining Kesehatan Jantung Anak dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Untuk Awam di Kabupaten Labuhanbatu” sebut dr. Anggia C. Lubis, Sp.JP(K), ketua Departemen Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK USU dan Skrining Penyakit Jantung Infeksi dan pelatihan BHD untuk awam di Kabupaten Labuhanbatu.Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Sumatera Utara, ujarnya.

Disampaikan dr. Anggia, Dari semua peserta, sebanyak 200 orang dewasa, yang terdiri dari masyarkat dan direksi Pemerintahan. Sebanyak 200 orang anak dari SMP di Kabupaten Labuhanbatu turut hadir pada kegiatan ini, Pungkas dr.Anggia.Dalam kegiatan baksos kali ini dirangkai dengan penyuluhan oleh dr. Duas Jourgie Simatupang, Sp. JP, dan perwakilan dari PERKI dr. T.Winda Ardini, Sp.JP(K). dilanjutkan dengan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang diikuti oleh seluruh peserta dewasa, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik dan jantung dasar berupa tekanan darah, detak jantung, tinggi dan berat badan, serta indeks masa tubuh (IMT). Selain itu dilakukan juga pemeriksaan seperti Echocardiography untuk dewasa dan anak, EKG, pemeriksaan USG Karotis dan pemeriksaan kebugaran seperti Harvard Step Test.

Turut hadir dilokasi, Para Asisten, Kepala OPD, Kabag, Kaban, Camat, Kapus, ketua Karang Taruna, Ketua FKUB, dokter-dokter jantung dari RSUP H. Adam Malik, dr. T. Winda Ardini Sp. JP (K) selaku Kepala Instalasi Pusat Jantung Terpadu (PJT) RSUP H. Adam Malik Medan, dr. Ali Nafiah Nasution Sp. JP (K), dr. Hilfan Ade Putra Lubis Sp.JP (K), dr. Bertha Gabriela Napitupulu Sp.JP, dan dokter Spesialis Jantung daerah Kota Rantau Prapat dr. Kartika Kaban, Sp.JP dan dr. Farida Hanum Margolang Sp.JP.