Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

Wabup Tinjau Pelaksanaan Kegiatan Pemeriksaan Jantung di SMP N 1 Ransel

D7EA4BD7 2987 436D BAC2 FB35F7F637F4Labuhanbatu, 

Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd, MM., didampingi Kepala Sekolah SMP N1 Rantau SelataN Rita Agustina S.Pd meninjau pelaksanaan kegiatan pemeriksaan jantung di SMP N 1 Rantau Selatan. Jalan K.H. Dewantara, Kecamatan Rantau Selatan, Senin (12/6/2023).

 

Departemen Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (PJPD) Fakultas Kedokteran USU (Universitas Sumatera Utara)/ Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan dan PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia) Cabang Sumatera Utara melakukan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu pada 12 Juni 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Departemen PJPD sebagai wujud dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan yang dilakukan memiliki Tema Promosi Kesehatan dan Deteksi Kelainan Kardiovaskular di Kabupaten Labuhanbatu ini mengadakan beberapa kegiatan kesehatan.

Acara ini merupakan acara rutin dari Departemen Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK USU, yang merupakan gabungan dari dua tema acara yaitu “Skrining Kesehatan Jantung Anak dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Untuk Awam di Kabupaten Labuhanbatu” yang diketuai oleh dr. Anggia C. Lubis, Sp.JP (K), beliau juga merupakan ketua Departemen Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK USU dan “Skrining Penyakit Jantung Infeksi dan pelatihan BHD untuk awam di Kabupaten Labuhanbatu. Acara ini juga bekerjasama dengan Organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Sumatera Utara.“Dari semua peserta, sebanyak 200 orang dewasa, yang terdiri dari masyarakat dan direksi Pemerintahan. Sebanyak 200 orang anak dari SMP di Kabupaten Labuhanbatu turut hadir pada kegiatan ini. Kegiatan ini didahului dengan penyuluhan oleh dr. Duas Jourgie Simatupang, Sp.JP, dilakukan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang diikuti oleh seluruh peserta dewasa, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik dan jantung dasar berupa tekanan darah, detak jantung, tinggi badan dan berat, serta indeks masa tubuh (IMT). Dilakukan juga pemeriksaan seperti Echocardiography untuk dewasa dan anak, EKG, pemeriksaan USG Karotis dan pemeriksaan kebugaran seperti Harvard Step Test.

Wabup mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kegiatan pemeriksaan kesehatan jantung bagi warga Kabupaten Labuhanbatu, yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran USU dan PERKI Cabang Sumatera Utara.“Kami sampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setingginya kepada Fakultas Kedokteran USU dan PERKI Sumut, yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan jantung bagi warga Kabupaten Labuhanbatu." ucap Wabup.

Turut serta hadir, dokter-dokter jantung dari RSUP H. Adam Malik, dr. T. Winda Ardini Sp. JP (K) selaku Kepala Instalasi Pusat Jantung Terpadu (PJT) RSUP H. Adam Malik Medan, dr. Ali Nafiah Nasution Sp. JP (K), dr. Hilfan Ade Putra Lubis Sp. JP (K), dr. Bertha Gabriela Napitupulu Sp. JP, dan dokter Spesialis Jantung daerah Kota Rantau Prapat dr. Kartika Kaban, Sp.JP dan dr. Farida Hanum Margolang Sp.JP.