Berita

Kumpulan Berita Seputar Kabupaten Labuhanbatu

TP-PKK Kabupaten Labuhanbatu Gelar Sosialisasi SIM-PKK

7b2b906e 596b 4f36 be7d 0e3a3538390bLabuhanbatu,

Guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengelola program dan kegiatan PKK, khususnya penguatan Dasawisma bagi Tim Penggerak PKK Labuhanbatu, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Jl. Gose Gautama - Kelurahan Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan pada Kamis (15/06/2023).

 

Kepala Dinas PMD Abdi Jaya Pohan pada acara tersebut mengatakan kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga.  Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti penting dalam proses pembangunan, karena kondisi keluarga dapat menjadi barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.Maka untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola program dan kegiatan khususnya dalam mengoptimalkan pengelolaan 10 program pokok PKK dengan memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya di bidang komunikasi dan informasi dengan menerapkan suatu Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK. Tujuan dari SIM PKK ini adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan data dan penyebaran informasi terkait pelaksanaan 10 program PKK secara tepat, akurat dan menyeluruh dari tingkat dasawisma.

Kepala Dinas Kominfo diwakili oleh Kepala Bidang Egov Awaluddin Hasibuan selaku narasumber pada acara tersebut menyampaikan bahwa Aplikasi SIM PKK sebagai solusi yang tepat bagi para kader PKK di berbagai wilayah dalam penyusunan laporan sesuai dengan kebutuhan.SIM PKK merupakan sebuah inovasi pengelolaan sistem informasi data dan informasi secara cepat, tepat, akurat dan menyeluruh mulai dari tingkat dasawisma, RT/RW, TP PKK Kelurahan, Kecamatan, Kota, Provinsi dan TP PKK Pusat. Dimana untuk mengakses SIM PKK bisa melalui website dan android.Dengan memanfaatkan Aplikasi SIM PKK maka para kader tidak perlu lagi melakukan perekapan laporan secara manual. Hal ini dikarenakan laporan sudah langsung tersimpan dalam sebuah sistem yang nantinya akan menjadi sumber data.

Turut Hadir Kader TP-PKK Kabupaten Labuhanbatu, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Labuhanbatu.